Kompas TV regional berita daerah

Pembukaan Festival Danau Poso

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 18:33 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Pesta kembang api dan tarian kolosal 175 pelajar SMP dan SMA mewarnai pembukaan Festival Danau Poso 2023 di Kota Tentena,  Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ,di tepian Anjungan Danau Poso. 

Setelag Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf, Raden Kurleni Ukar memukul gong tanda dibukanya Festival Danau Poso 2023, seketika kembang api meluncur ke udara dengan beragam warna.

Selain pesta kembang api, pembukaan festival danau poso ke-24 ini juga menampilkan taris kolosal dari 175 pelajar SMP dan SMA sekota Tentena. Mereka membawakan tarian berjudul Lembayo Keraoa Mpomota. Tarian ini menggambar tahapan persiapan padungku di kalangan Masyarakat Poso.

Di arena festival turut memamerkan produk Khas Sulawesi Tengah maupun kerajinan khas Kabupaten Poso, salah satunya adalah kerajinan kain kulit kayu.

Di luar area Festival Danau Poso, terdapat banyak stan umkm dengan beragam makanan, minuman hingga pakaian.

Festival Danau Poso dihadiri Bupati Poso Verna Gladies Merry Inkiriwang dan beberapa bupati di Sulawesi Tengah.

Event tahunan ini dimulai pada 10 oktober hingga 13 oktober 2023. Berbaga pertunjukan khas dan adat Poso, dirampilkan di panggung utama.

#FestivalDanauPoso2023 #VernaGladiesMerryInkiriwang #RadenKurleniUkar 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x