Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Kinerja Layanan Kolaboratif Dukcapil Kabupaten Banyuasin Diakui Terbaik

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 10:28 WIB
kinerja-layanan-kolaboratif-dukcapil-kabupaten-banyuasin-diakui-terbaik
Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam secara langsung menerima penghargaan Dukcapil Prima Award kategori Dukcapil Kolaboratif Tingkat Kabupaten dari Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (Sumber: Humas Pemkab Banyuasin)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Kinerja Dukcapil Banyuasin cukup membanggakan. Sederet prestasi berhasil diraih secara berturut-turut sejak tahun 2019. Tercatat Disdukcapil Kabupaten Banyuasin pada tahun 2019 mendapat Penghargaan Dukcapil Hebat, pada tahun 2021 meraih Penghargaan Dukcapil Bisa, lalu Penghargaan Pelayanan Prima Dukcapil pada tahun 2022. Di tahun 2023, Kinerja Dukcapil Kembali diakui  terbaik dengan diraihnya Penghargaan Dukcapil Prima yang diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada  pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) tahun 2022 digelar di Hotel Novotel, Palembang, Selasa (24/10/2023).

Rakornas Dukcapil tahun 2023 ini merupakan upaya penguatan sinergi dalam pelayanan Dukcapil baik dari pusat sampai tingkat kabupaten sesuai dengan tema "Penguatan Dukcapil Untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024."

Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam secara langsung menerima penghargaan  "Dukcapil Prima Award" kategori Dukcapil Kolaboratif Tingkat Kabupaten dari Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. "Alhamdulillah penghargaan ini wujud dan karya nyata dari kinerja Dukcapil Kabupaten Banyuasin dalam pengadaan pelayanan yang sangat optimal kepada masyarakat," jelasnya.

"Semoga dengan bertambahnya penghargaan ini dapat memberikan nilai lebih lagi kepada Dukcapil Banyuasin baik Kepala Dinas dan jajarannya dalam melayani masyarakat. Mari terus kita tingkatkan pelayanan yang telah ada dan menyukseskan pemilu serentak 2024," tambahnya.

Hani menegaskan Pemerintah Kabupaten Banyuasin akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat untuk meningkatkan terus pelayanan publik dan siap mensukseskan pemilu serentak 2024.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI, Teguh Setyabudi menyatakan bahwa rakornas ini diikuti oleh Aparatur yang menangani administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota sebanyak 2000 peserta yang hadir langsung dan 1.000 peserta hadir secara daring.

Rakornas merupakan upaya menguatkan sinergi kinerja aparatur sipil negara dalam pendudukan dan pencatatan sipil baik di pusat maupun tingkat kabupaten. "Alhamdulilah rakornas ini dapat terselenggara dengan baik, semoga semua yang mengikuti rakornas ini dapat mengikutinya sampai selesai," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian membuka Rakornas secara resmi, sebagai apresiasi atas prestasi dan kinerja jajaran Dukcapil Daerah, Tito menganugerahkan Dukcapil Awards kepada sejumlah daerah dengan kinerja terbaik. 

Tito berpesan agar semua Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil seluruh Indonesia bersinergi dan saling menguatkan akan kekuatan data yang telah ada. "Saya bisa sampaikan bahwa Data Dukcapil sangat luar biasa, karena hanya data Dukcapil yang akurat dan bisa memback up dokumen penting lainnya dengan acuan dasar dari data dukcapil," tutupnya.

Hadir para narasumber yang kompeten di antaranya Ketua Komisi II DPR, Ketua KPU, dan Pj. Gubernur Sumatera Selatan. Hadir pula dari Kemenkeu, Bappenas, Kemen-PAB RB, BSSN, Kemenlu, dan para Pejabat Eselon I dan II Kemendagri. 



Sumber : Kompas TV Palembang



BERITA LAINNYA



Close Ads x