Kompas TV regional berita daerah

Menjajal Megalithikum Lembah Behoa

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 10:02 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Gubernur Sulawesi Tengah baru saja mencanangkan sebagai negeri 1000 Megalith di Lembah Bada, Kabupaten Poso, dua pekan lalu. Lalu bagaimana prospek megalithikum bisa mendatangkan wisatawan? Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Tim ekspedisi Jurnalis Megalith etape kedua sudah menjajal Lembah Behoa, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, pekan lalu.

Perjalanan tim ekspedisi ini dimulai dari kawasan Megalith Pokekea, Desa Bariri. Di kawasan ini tim mendokumentasikan baik foto maupun video serta menetapkan titik koordinat tiap Megalith yang ditemukan. Ini diharapkan memberi informasi letak dan sebaran Megalith secara digital untuk memudahkan wisatawan berkunjung.

Di Pokekea, banyak tinggalan megalith dalam ukuran besar dan beragam fungsi. Selain Pokekea, tim juga mendatangi cagar budaya Megalith Tadulako. Megalith Tadulako ini sendiri menjadi ikon Sulawesi Tengah.

Tadulako diibaratkan seorang pemberani dan menjadi panglima perang. Itulah kemudian menginspirasi pemberian nama Tadulako pada Komando Resor Militer 132 Tadulako yang bermarkas di Kota Palu.

Megalith di Lembah Behoa ini menunjukkan hebatnya peradaban nenek moyang dulu dalam seni mengukir maupun mematung.

Tinggalan ribuan Megalith di Sulawesi Tengah tersebar pada 4 kawasan yaitu Lembah Bada, Lembah Behoa, Lembah Napu di Kabupaten Poso dan kawasan Lindu di Kabupaten Sigi.

#Negeri1000Megalith #Megalitikum #LembahBehoa 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x