Kompas TV regional jabodetabek

Dinkes Tangerang Selatan Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 12:48 WIB
dinkes-tangerang-selatan-konfirmasi-kasus-cacar-monyet-pertama
Ilustrasi cacar monyet. (Sumber: Shutterstock/Berkay Ataseven/Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

BANTEN, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan, Banten telah mengkonfirmasi penemuan dua kasus cacar monyet atau monkeypox (Mpox) pertama di kota tersebut, Selasa (31/10/2023). Dua pasien tersebut adalah laki-laki dengan usia 24 dan 31 tahun.

Kepala Dinkes Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar mengungkapkan bahwa kedua pasien tersebut teridentifikasi menunjukkan gejala seperti demam dan lesi di tangan, wajah, serta badan, berdasarkan pemeriksaan laboratorium tanggal 30 Oktober 2023.

"Kasus pertama adalah laki-laki yang baru domisili di Kota Tangerang Selatan selama 10 bulan dengan KTP luar kota, sementara kasus kedua adalah warga asli Tangerang Selatan," jelas Hendalin dikutip dari Antara.

Baca Juga: Cegah Stigma, WHO Ganti Nama Monkeypox atau Cacar Monyet Jadi 'Mpox'

Saat ini, kedua pasien tersebut telah diisolasi dan mendapatkan perawatan intensif, sementara kontak eratnya sedang dalam pemantauan oleh Puskesmas setempat.

"Keduanya tidak ada komorbid, kondisi saat ini sudah ditangani dilakukan isolasi, tidak ada keluhan, kontak eratnya dilakukan pemantauan oleh Puskesmas setempat," katanya.

Allin juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Soal Kans Cacar Monyet Jadi Pandemi, Begini Penjelasan Epidemiolog

Selain itu, upaya edukasi dan sosialisasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat sudah dilakukan.

"Jika mengalami gejala monkey pox maka segera ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau Rumah Sakit agar mendapatkan pengobatan simtomatik dan suportif untuk meringankan gejala yang ada hingga mencegah terjadinya infeksi sekuder," ujarnya.

Baca Juga: Kemenkes Prediksi Kasus Cacar Monyet di Indonesia Bisa Capai 3.600 Setahun



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x