Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kampanye Kurangi Sampah Plastik Lewat Gelar Karya Siswa di Semarang

Kompas.tv - 7 November 2023, 13:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Berbagai olahan plastik ini merupakan karya siswa-siswi SD Negeri Bringin 01 Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai dari kotak pensil, bunga, celengan, hingga pot bunga. Seruan melindungi bumi dari bencana sampah plastik juga dituangkan dalam berbagai poster.

Menurut Muh Hasan Rifai, Kepala SDN Beringin 01, pada gelar karya projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kali ini pihak sekolah mengambil tema “Gaya Hidup Berkelanjutan Liam Karsa (Lihat Ambil dan Karyakan Sampahku)”. Menurutnya tema tersebut sejalan dengan program pemerintah terkait pengolahan sampah. Tujuannya, para siswa memiliki karakter gotong-royong dalam menjaga bumi hingga lingkungan terdekatnya dari sampah terutama plastik. Selain diolah menjadi barang yang bermanfaat sebagian sampah plastik lainnya dikumpulkan di bank sampah.

“Untuk gelar karya tahun ini kita mengambil tema ‘Gaya Hidup Berkelanjutan Liam Karsa’, yaitu lihat ambil dan karyakan sampahku. Hal ini sejalan dengan kami karena memang ada program terkait pengolahan sampah di Kota Semarang,” ujar Muh Hasan Rifai.

Siswi kelas 5 SDN Beringin 01, Fatimah Azahra mengatakan, sampah plastik ini dapat digunakan menjadi baju, topi, tongkat, tempat sampah dan tempat pensil.

“Karena susah diurai dan melindungi bumi dari sampah plastic. Kita bisa menjadikan sampah plastik ini untuk menjadikan baju, topi, tongkat, tempat sampah dan tempat pensil,” ungkap Fatimah.

PLT Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Semarang, mengapresiasi upaya SD Negeri Bringin 01 yang sudah berfikir jauh ke depan dan berkelanjutan. Dia berharap dengan Liam Karsa ini, para siswa menjadi kreatif dan kritis, sehingga kelak para siswa-siswi ini menjadi aset bangsa.

“Memang SDN Beringin 01 ini keren, karena berpikir tidak untuk hari ini, tapi berpikir untuk jangka yang sangat panjang, berkelanjutan. Hidup kita tidak hanya ditentukan setahun, dua tahun, tapi 1.000 tahun,” pungkas Erwan.

Selain melatih para siswa setempat mengolah sampah plastik, SD Negri Bringin 01 Kota Semarang juga melatih membuat ecoprint. Gelaran ini juga diisi dengan sejumlah tarian tradisional yang ditampilkan oleh para siswa.

#sampahplastik #sdnegriberingin01 #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x