Kompas TV regional berita daerah

Ikan Melimpah, Harga Turun, Warga Tegal Senang

Kompas.tv - 7 November 2023, 14:39 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Melimpahnya hasil tangkapan ikan oleh nelayan di Pelabuhan Jongor, Tegalsari, Kota Tegal, membuat berbagai jenis ikan mengalami penurunan harga, Sabtu pagi. Praktis, suasana TPI pun ramai dari aktivitas pedagang maupun pembeli.

 

Berbagai jenis ikan yang ada rata-rata mengalami penurunan harga berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu rupiah per kilogramnya. Harga ikan tenggiri misalnya, sebelumnya per kilogram mencapai di atas Rp 50 ribu rupiah, kini harganya turun, hanya di kisaran Rp 30 ribu rupiah per kilogram saja.

 

Menurut pedagang, turunnya harga ikan pengaruh dari melimpahnya hasil tangkapan para nelayan, serta masih banyak kapal nelayan yang baru bersandar dan sedang melakukan bongkar. Jenis ikan yang laris diminati masyarakat antara lain ikan tongkol, kakap, bawal, etong, dan cumi-cumi.

 

Pasokan ikan di TPI Jongor, Tegalsari, Kota Tegal, merupakan hasil dari tangkapan para nelayan dengan kapal ukuran 70 gross ton (GT). Sekali berlayar dalam waktu dua bulan mampu menghasilkan ikan mencapai 10 hingga 20 ton.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x