Kompas TV regional sumatra

Bupati Ungkap Dugaan Penyebab Banjir Bandang dan Longsor di Humbahas Sumut

Kompas.tv - 3 Desember 2023, 12:23 WIB
bupati-ungkap-dugaan-penyebab-banjir-bandang-dan-longsor-di-humbahas-sumut
Material berupa bebatuan berukuran besar yang terbawa banjir bandang menimbun permukiman penduduk di Desa Simangalumpe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Sabtu (2/12). Peristiwa banjir bandang yang terjadi pada Jumat (1/12) diduga disebabkan likuifaksi. (Sumber: Dok. BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Dosmar Banjarnahor mengungkapkan dugaan penyebab banjir bandang dan longsor yang terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Humbahas, Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023).

Ia menyebut, bencana alam tersebut diperkirakan terjadi karena likuifaksi atau pencairan tanah.

"Sebelum diteliti lebih lanjut, diperkirakan bencana ini disebabkan likuifaksi tanah," kata Dosmar dalam keterangannya Sabtu (3/12/2023).

"Akan dilakukan mitigasi untuk menghindari kejadian bencana yang mungkin terjadi," ujarnya.

Dosmar mengatakan, akibat bencana alam tersebut, sebanyak 11 korban masih dalam pencarian usai dinyatakan hilang, sedangkan 1 korban ditemukan tewas.

Sementara sebanyak 35 rumah warga dilaporkan mengalami rusak berat.

"Bencana alam di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja telah menyebabkan 35 rumah rusak berat, (Total) 11 korban masih belum ditemukan. Sementara 1 orang ditemukan meninggal dunia," jelasnya, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: 11 Korban Banjir Bandang di Humbahas Belum Ditemukan, Pencarian Diperluas hingga Tepi Danau Toba

Ia pun menegaskan, Tim SAR gabungan terus melakukan upaya pencarian terhadap 11 orang hilang tersebut.

"Selain itu masyarakat diminta agar tetap tenang dan jangan berbondong-bondong memenuhi lokasi bencana agar proses normalisasi di lapangan bisa berjalan lancar," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir dan tanah longsor melanda Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas pada Jumat (1/12) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono mengatakan, hujan deras turun sebelum banjir dan longsor terjadi.

Akibatnya, sejumlah rumah warga rusak parah dan 12 orang hilang.

"Menurut informasi dari saksi bahwa beberapa korban tertimbun dan dinyatakan hilang di sekitar pemukiman yang terkena dampak. Pemerintah setempat bersama masyarakat telah melakukan pencarian namun belum menemukan warga yang hilang,"jelas Budiono, Sabtu (2/12).

Kemudian pada Sabtu (2/12) kemarin, Koordinator Pos SAR Danau Toba, Hisar Turnip mengatakan, tim SAR berhasil menemukan satu dari 12 korban yang hilang.

Menurut penjelasannya, korban ditemukan pukul 11.25 WIB, sekitar 500 meter dari lokasi kejadian. 

Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Sekitar jam 11.25 tadi tim SAR gabungan menemukan korban atas nama Dian Lubis, karyawan hotel yang berada di mes saat terjadi,” kata Hisar, Sabtu.

Baca Juga: 1 Korban Ditemukan Tewas, Tim SAR Cari 11 Korban Hilang Banjir Bandang dan Longsor di Humbahas



Sumber : Kompas TV/Kompas.com.



BERITA LAINNYA



Close Ads x