Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Antisipasi "Parkir Nuthuk", Berapa Tarif Parkir Resmi di Yogyakarta dan Nomor Aduan Jukir Nakal

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 03:00 WIB
antisipasi-parkir-nuthuk-berapa-tarif-parkir-resmi-di-yogyakarta-dan-nomor-aduan-jukir-nakal
Ilustrasi Jalan Malioboro, salah satu kawasan wisata di Kota Yogyakarta, DIY. Kota Yogyakarta bersiap menghadapi libur panjang akhir tahun dalam rangka Natal dan Tahun Baru atau Nataru. (Sumber: Pinterest)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang libur akhir tahun, Kota Yogyakarta mengantisipasi kedatangan ratusan ribu wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara.

Dalam mengatur parkir, Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta, Imanudin Aziz, mengingatkan masyarakat tentang tarif resmi berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2019.

"TKP milik pemerintah untuk bus sedang Rp 50.000 untuk tiga jam pertama, sedangkan untuk bus besar Rp 75.000 untuk tiga jam pertama," kata Aziz dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/12/2023).

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi 2 Kali Muntahkan Awan Panas Guguran

Rincian Tarif Parkir Resmi Yogyakarta

Tempat Khusus Parkir (TKP) milik pemerintah menerapkan tarif progresif: Rp50.000 untuk bus sedang dan Rp75.000 untuk bus besar selama tiga jam pertama.

Kemudian Rp5.000 untuk dua jam pertama bagi kendaraan pribadi, lalu Rp 2.500 per jam berikutnya.

Baca Juga: Sebulan Lebih, Harga Cabai Rawit Merah di Kota Semarang dijual RP 100.000 Per Kilogram

Sementara untuk Motor dikenai biaya Rp2.000 untuk dua jam pertama, lalu Rp1.500 per jam. Di area Malioboro, tarif parkir untuk empat jam adalah Rp5.000.

Meskipun tarif parkir swasta tidak secara langsung diatur dalam Perda, Aziz menyarankan agar TKP swasta mengacu pada tarif yang berlaku di TKP pemerintah. Aturannya, kenaikan tarif tidak boleh lebih dari lima kali lipat.

Baca Juga: Puan Berjuang Pertahankan Perolehan Suara di Jawa Tengah

Sejauh ini, tidak ada pengelola parkir swasta yang menaikkan tarif hingga batas maksimum tersebut.

"Paling banter itu (tarifnya) sama dengan pemerintah," lanjut Aziz. 

Antisipasi "Parkir Nuthuk" Selama Libur Akhir Tahun

Diluar itu Kota Yogyakarta, yang populer sebagai destinasi liburan, sering menghadapi masalah parkir "nuthuk" atau tarif tidak wajar, terutama saat libur akhir tahun.

Untuk mengatasi hal ini, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menyediakan nomor aduan 081802704212 bagi korban parkir "nuthuk".

Baca Juga: Tebing Longsor Di Banyumas, Timbun Jalur Kereta Api Ganda

Nomor ini tersambung langsung dengan Dinas Perhubungan. TKP di bawah kewenangan berbeda seperti UPT Malioboro, akan menangani aduan sesuai dengan area kewenangannya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berkomitmen untuk memastikan pengalaman liburan yang nyaman bagi wisatawan dengan mengatur tarif parkir yang wajar dan menyediakan mekanisme pengaduan yang efektif.


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x