Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tersengat Listrik Jebakan Tikus di Sawah, Seorang Anak Tewas

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Pemakaman seorang anak laki-laki berusia 8 tahun yang meninggal dunia, karena tersengat listrik dari jebakan tikus yang dialiri listrik di areal persawahan di Desa Ngreden, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (07/12/2023) siang. Awalnya korban bermain dengan sejumlah teman-temannya di areal persawahan, namun korban diduga menginjak kawat yang menjadi bagian dari jebakan tikus yang dialiri listrik. Sehingga korban pun tersengat listrik, sementara teman-teman korban meminta pertolongan kepada warga.

Korban sempat dibawa oleh keluarganya ke rumah sakit, untuk memastikan kondisi korban yang sebelumnya dinyatakan meninggal dunia setelah dievakuasi oleh warga. Kepala Desa Ngreden menjelaskan, jebakan tikus yang dialiri listrik tersebut memang dipasang petani untuk membasmi hama tikus yang menyerang tanaman padi. Diakuinya jumlah petani yang semakin sedikit di desa tersebut membuat petani membasmi hama tikus tidak lagi dengan cara gropyokan, melainkan dengan memasang jebakan tikus yang dialiri listrik.

“Kronologinya katanya bermain di sawah, tepat di situ waktu sore dipasang kawat yang ada listriknya dan tidak dijaga. Malamnya jam 8 untuk mainan beberapa anak. Kemudian ada informasi dari warga ada anak-anak lain yang meminta tolong kepada warga, lalu ada warga yang menolong,” jelas Sunarto, Kepala Desa Ngreden.

Untuk mengetahui kronologi peristiwa ini, polisi telah melakukan penyelidikan dengan mendatangi TKP. Polisi juga memfasilitasi upaya mediasi antara keluarga korban dan pemilik area persawahan.

“Waktu dibawa ke rumah sakit, dari dokter yang menangani memang benar dari lukanya bahwa korban tersengat listrik. Kemudian, untuk kronologi baru kita dalami, langkah-langkah dari kami tetap pertama datangi TKP, laporkan kepada pimpinan dan terakhir sudah kami sampaikan dan ada surat pernyataannya bahwa dari pihak keluarga ini adalah memang musibah dan menerima,” ujar AKP Sriyanto, Kapolsek Wonosari.

Dengan mediasi yang dilakukan tersebut, kasus seorang anak laki-laki yang meninggal tersengat listrik jebakan tikus di areal persawahan berakhir secara kekeluargaan. Peristiwa ini juga menjadi peringatan bagi warga setempat, sekaligus keluarga dan pemilik sawah untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan jebakan tikus.

#tersegatlistrik #jebakantikus #klaten



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x