Kompas TV regional jawa barat

Jokowi Resmikan Jembatan Otista Bogor, Disebut Tahan 100 Tahun dan Kuat Dilewati Trem

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 16:45 WIB
jokowi-resmikan-jembatan-otista-bogor-disebut-tahan-100-tahun-dan-kuat-dilewati-trem
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista) di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/13/2023). Jembatan itu memiliki lebar 22 meter dan berada di jalur sistem satu arah (SSA) yang mengelilingi Istana Bogor, pusat pemerintahan, dan kawasan bisnis Kota Bogor. (Sumber: ANTARA/Linna Susanti)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

 

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista) di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/13/2023).

Jembatan itu memiliki lebar 22 meter dan berada di jalur sistem satu arah (SSA) yang mengelilingi Istana Bogor, pusat pemerintahan, dan kawasan bisnis Kota Bogor.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jembatan Otto Iskandardinata Kota Bogor," kata Jokowi, seperti dikutip dari Antara

Usai peresmian, Jokowi mengatakan Jembatan Otista menjadi penyumbat lalu lintas di Kota Bogor, sehingga perlu dilebarkan. Proses revitalisasi jembatan itu memakan biaya Rp50 miliar. 

"Sekarang kita lihat, sudah lebih dari cukup," ucapnya. 

Ia menilai, pemandangan di bawah jembatan pada area pelengkung cukup bagus sebagai objek wisata baru bagi warga sekitar.

Jembatan Otista berada di atas Sungai Ciliwung yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bogor Timur dengan Bogor Tengah.

Baca Juga: Tol Serpong-Cinere Dibuka Fungsional saat Nataru, Cimanggis-Bandara Soetta hanya 20 Menit

"Cakep, cakep tadi saya lihat ke bawah, apa itu pemandangan pelengkung itu cakep," ujarnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Rena Da Frina mengatakan konstruksi baru jembatan tersebut telah melalui perhitungan yang matang termasuk ketahanannya terhadap beban dan getaran selama 100 tahun ke depan.

"Estimasinya itu, jembatan itu (tahan) 80 sampai 100 tahun. Nanti paling pun ada perbaikan-perbaikan railing, atau apa lah. Tapi kalau jembatannya sudah didesain (tahan) 80 sampai 100 tahun," kata Rena usai tasyakuran Jembatan Otista tepat di atas jembatan tersebut, Minggu (17/12).




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x