Kompas TV regional jabodetabek

Hati-Hati, Jakarta Bisa Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Akhir Tahun

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 02:00 WIB
hati-hati-jakarta-bisa-dilanda-cuaca-ekstrem-hingga-akhir-tahun
Ilustrasi cuaca esktrem berupa hujan lebat menyebabkan banjir. (Sumber: Komaps TV/Ant/Aji Styawan)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cuaca ekstrem bisa terjadi selama libur Natal dan Tahun Baru 2024, sehingga timbul banjir dan longsor di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok mengingatkan waspada banjir rob dalam kurun 24 Desember sampai 30 Desember 2023 yang disebabkan fenomena fase bulan purnama hingga meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Puncak pasang air laut maksimum terjadi pukul 07.00 sampai pukul 12.00. Wilayah pesisir Jakarta yang berpotensi banjir rob ialah Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru, dan Muara Angke.

Baca Juga: BMKG Imbau Warga Sumatera Utara Waspada Potensi Banjir akibat Hujan Lebat

”Sampai saat ini terpantau masih aman dari banjir rob,” kata Kepala Satuan Pelaksana Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Octavianes Sitanggang, Selasa (26/12/2023) dikutip dari Kompas.Id.

Selain potensi banjir rob, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, hujan intensitas lebat dan potensi suhu panas terik masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia selama masa Natal dan Tahun Baru.

Fenomena dinamika atmosfer pemicunya antara lain sirkulasi angin di Laut China Selatan yang menghambat aliran massa udara basah dari Asia ke Indonesia sehingga potensi hujan lebat masih terkonsentrasi di wilayah Sumatera dan Kalimantan Barat.


\Hujan dengan intensitas sedang saja bisa menjadi bencana banjir dan longsor (di Jawa Barat dan Banten).

Sirkulasi ini diidentifikasi sebagai bibit siklon tropis 18W yang bergerak ke arah barat atau menuju daratan Semenanjung Malaysia dan berpotensi rendah menjadi sistem siklon tropis. Sirkulasi angin tersebut juga secara tidak langsung berdampak pada kurangnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan ekuator.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, BMKG Rilis Daftar Kabupaten/Kota yang Rawan Banjir 11-20 Desember 2023

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengingatkan waspada potensi cuaca ekstrem, gelombang tinggi, dan banjir rob yang mungkin terjadi selama Natal dan Tahun Baru. Daerah yang memasuki musim hujan diminta meningkatkan mitigasi bencana.


 



Sumber : Kompas TV/kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x