Kompas TV regional papua maluku

Lukas Enembe Meninggal, Masyarakat Papua Diimbau Naikkan Bendera Setengah Tiang

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 09:10 WIB
lukas-enembe-meninggal-masyarakat-papua-diimbau-naikkan-bendera-setengah-tiang
Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe saat tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (8/10/2023).  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengimbau kepada masyarakat setempat untuk menaikkan bendera setengah tiang sebagai penghormatan terakhir kepada Lukas Enembe. (Sumber: Dokumentasi Petrus Bala Pattyona)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa (26/12/2023) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Sebagai penghormatan terakhir kepada Lukas Enembe, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengimbau kepada masyarakat setempat untuk menaikkan bendera setengah tiang mulai 27-29 Desember 2023 di Bumi Cenderawasih.

Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua Yohanes Walilo menyebut menaikkan bendera setengah tiang juga sebagai tanda Papua sedang berduka atas meninggalnya Lukas Enembe.

"Kami dan semua masyarakat sangat berduka cita atas hal ini, dimana saat masih dalam merayakan Natal telah mendengar kabar duka cita atas meninggalnya almarhum Lukas Enembe yang mana merupakan tokoh dan pimpinan terbaik di Papua," kata Yohanes, dalam keterangannya, Rabu (27/12).

Menurut penjelasannya, imbauan untuk menaikkan bendera setengah tersebut berdasarkan rapat bersama Kapolda Papua dan Danrem 172/Praja Wira Yakthi Kodam XVII/Cenderawasih serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah.

Di sisi lain, Pemprov Papua juga mengimbau kepada seluruh masyarakat setempat untuk bersama menjaga kedamaian dan keamanan serta saling mendoakan sebagai bentuk penghormatan kepada Lukas Enembe.

"Karena masih dalam perayaan Natal jadi kami harap semua menjaga kedamaian," ujarnya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Lukas Enembe Meninggal, KPK Sebut Pertanggungjawaban Pidananya Berakhir

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia pada Selasa (26/12) pukul 11.00 WIB.

Kuasa hukum Lukas, Petrus Bala Pattyona mengatakan, kliennya meninggal dunia usai divonis menderita gagal ginjal.

“Beliau dengan tenang mengembuskan napas tepat pukul 11.00 WIB di Paviliun Kartika RSPAD karena gagal ginjal.” kata Petrus, Selasa.

Ia juga mengungkapkan bahwa jenazah Lukas akan diterbangkan ke Papua pada Kamis dini hari (28/12) nanti pukul 01.00 WIB.

"Memang penerbangan dikatakan jam 12.00 (malam), tetapi tadi kami dapat informasi dari airline (maskapai), jadi jam 01.00 subuh Kamis," ujarnya, Selasa malam.

Lebih lanjut ia menyebut  jenazah Lukas Enembe diprakirakan akan tiba di Papua pada pukul 07.00 WIB, besok.

Petrus menerangkan, sesampainya di Papua, jenazah Lukas Enembe akan diberi penghormatan. Ia juga mengaku telah berkoordinasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terkait kepulangan jenazah Lukas Enembe.

Baca Juga: Jenazah Lukas Enembe akan Tiba di Papua Kamis Pagi, Bakal Dapat Penghormatan sebelum Dimakamkan


 




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x