Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemanggilan Pj Gubernur Jateng, Bawaslu: Tunggu Pengumpulan Bukti

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 18:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, masih mengumpulkan bukti-bukti terkait Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, yang menyambut Prabowo Subianto di tengah tim pemenangan Prabowo-Gibran. Hingga kini Bawaslu Jateng belum bisa menentukan apakah ada unsur pelanggaran netralitas.

Komisioner Bawaslu Jateng, Rofiudin, mengatakan Bawaslu sudah melihat video dan foto Nana Sudjana menyambut Prabowo dan kini masih dalam pendalaman. Sementara terkait pemanggilan nana dalam penanganan perkara tersebut, Rofiudin mengaku Bawaslu belum melakukan pemanggilan atau klarifikasi karena menunggu pengumpulan bukti-bukti, selain itu Bawaslu juga melakukan proses penelusuran dugaan pelanggaran.

“Sampai hari ini masih dalam proses atau mengumpulkan bukti-bukti. Kami juga akan melakukan proses memastikan apakah ada unsur pelanggaran atau tidak. Kemudian nanti memenuhi dugaan pelanggaran atau tidak, tentu harus diputuskan melalui pleno ditingkat pimpinan Provinsi Jawa Tengah. Di sana ada 7 komisioner, ada ketua dan lainnya anggota. Maka dari sisi itu, kita hati-hati dalam konteks untuk memutuskan apakah ada dugaan pelanggaran atau tidak,” jelas Rofiudin.

Sebelumnya ramai beredar video dan foto Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menyambut Prabowo di Lanumad Ahmad Yani Semarang. Nana juga bersalaman dengan Prabowo, kemudian di sekitar lokasi terlihat juga tim pemenangan Prabowo-Gibran yang mengenakan baju biru muda.

Menanggapi hal tersebut, Nana sudah menegaskan tidak ada unsur politik, ia hanya menyambut Prabowo selaku Menteri Pertahanan.

“Kami memang menjemput pak Prabowo, kapasitas beliau adalah menteri pertahanan. Dan penjemputan bagi kami, ini adalah salah satu merupakan protokoler yang rutin, yang kami lakukan. Ini hal yang sama kami lakukan kepada para menteri, kemudian kepala lembaga, apalagi kepada bapak presiden maupun wakil presiden, ini hal yang unit protokoler. Dan tentunya kami sambut dengan baik,” tegas Nana Sudjana.

Diketahui Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menyambut dan bersalaman dengan Prabowo di Lanumad Ahmad Yani Semarang tersebut terjadi pada (9/12/2023), ketika Prabowo menghadiri HUT PSI di Stadion Jatidiri  Kota Semarang.

#pjgubernurjateng #prabowo #bawaslu 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x