Kompas TV regional berita daerah

Usai Dihantam Angin Puting Beliung, BMKG Manggarai NTT Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 13:14 WIB
usai-dihantam-angin-puting-beliung-bmkg-manggarai-ntt-keluarkan-peringatan-dini-cuaca-buruk
Ilustrasi cuaca buruk. (Sumber: Times of India)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

RUTENG, KOMPAS.TV - Usai dihantam angin puting beliung pada Selasa (9/1/2024) kemarin, Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai, Decky Irmawan mengungkapkan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk untuk tiga hari ke depan di wilayah Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT. 

“Rabu (10/1/2024), waspada potensi hujan dengan intensitas sedang disertai petir dan angin kencang yang terjadi pada siang hingga malam hari, Kamis (11/1/2024) waspada potensi hujan dengan intensitas sedang disertai petir dan angin kencang yang terjadi pada siang hingga sore hari," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/1/2024). 

Pada Jumat (12/1/2024) warga juga diminta mewaspadai hujan dengan intensitas sedang disertai petir, angin kencang yang terjadi siang sampai sore.

Baca Juga: Ada Sesar Aktif Baru Penyebab Gempa di Sumedang, Ini Rekomendasi BMKG

Ia menjelaskan, kondisi cuaca 24 jam terakhir di Manggarai umumnya berawan, terjadi hujan dengan intensitas ringan disertai petir pada siang hingga sore.

Suhu udara berkisar 18 derajat C - 26 derajat C dengan kelembapan udara antara 7846-98Y9. 

Angin umumnya bertiup dari arah Timur - Selatan dengan kecepatan 2-13 km/jam.

“Penyebabnya wilayah Manggarai sedang memasuki musim hujan, adanya wilayah perapatan angin di atas Pulau Flores, suhu muka laut di wilayah Manggarai berkisar 29 derajat C - 31 derajat C memungkinkan terjadinya penguapan yang tinggi, dan massa udara basah terkonsentrasi lapisan ketinggian hingga 700 mb (3154 m),” jelas Decky dikutip dari Kompas.com.

Pihaknya mengimbau masyarakat mengantisipasi dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca dan memanfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi. 

Baca Juga: BMKG Peringatkan Masyarakat Waspada Puncak Musim Hujan Hingga Februari 2024



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x