Kompas TV regional sumatra

NEWS OR HOAX Pencabutan Stick Cone Jalur Sepeda Untuk Hilangkan Karya Anies, Politik Sembako

Kompas.tv - 5 Februari 2024, 14:40 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

Beredar video yang menarasikan kesuksesan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, menjalankan Program Lumbung Pangan atau Food Estate di Jawa Tengah. Namun setelah ditelusuri, video tersebut bukan memperlihatkan ladang Food Estate di Jawa Tengah. Ditemukan vieo tersebut,  klip yang serupa dengan video klaim di  kanal youtube Munandar TV. Pada keterangan video di youtube dijelaskan bahwa kebun buah naga itu berada di Provinsi Guangxi, Tiongkok. Adapun di Jawa Tengah, Kabupaten Wonosobo dipilih menjadi wilayah percontohan program Food Estate Hortikultura. Jadi, video dengan narasi kesuksesan menteri pertahanan menjalankan program Food Estate di Jawa Tengah adalah tidak benar atau hoaks.

 

Beredar video dengan narasi  2 orang pria menyatakan terdapat surat suara Pemilu 2024 yang telah tercoblos  dalam amplop pengiriman yang tersegel.  Hal itu terjadi di Taipei, ibu kota Taiwan. Video juga memperlihatkan lubang bekas coblosan di surat suara di bagian paslon salah satu Capres-Cawapres dan Caleg dari salah satu Partai. Setelah ditelusuri, tim menemukan artikel di portal berita Antara, bahwa KPU telah mengetahui adanya laporan dugaan adanya surat suara yang telah tercoblos di dalam amplop tersegel. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyatakan bila laporan WNI  di tTaipei itu benar, maka surat suara yang telah tercoblos dalam amplop tersegel itu akan dikategorikan rusak.  Pemilih akan mendapat penggantian surat suara baru. Jadi,  video dengan narasi laporan mengenai surat suara yang telah tercoblos dalam amplop adalah benar dan sedang dalam penelusuran Panwaslu Taipei.

 

Beredar video dengan narasi jokowi bagikan Bansos depan Istana setelah menyatakan Presiden boleh kampanye dan berpihak dalam Pemilu. Video tersebut memperlihatkan Menteri BUMN Erick Thohir sedang membuat vlog bersama Presiden Joko Widodo saat sedang membagikan Bansos kepada ojek online di depan Istana Kepresidenan. Namun, setelah ditelusuri tim menemukan video asli peristiwa tersebut berasal dari unggahan Inews pada 13 April 2023. Dilansir dari situs Pepresidenan, pada tanggal 13 April 2023, Presiden Jokowi menyaksikan secara langsung pembagian sembako kepada ratusan pengemudi ojek online  di Kompleks depan Istana Kepresidenan Jakarta. Jadi, video dengan narasi Presiden Jokowi bagikan Bansos depan Istana setelah menyatakan Presiden boleh kampanye dan berpihak dalam Pemilu adalah tidak benar atau hoaks.

 

Beredar video dengan narasi Dishub DKI Jakarta cabut Stik Cone jalur sepeda, untuk hilangkan karya Anies di Jakarta. Video memperlihatkan Dinas Perhubungan Pemerintah DKI Jakarta yang tengah mencabut Stik Cone jalur sepeda di salah satu ruas jalan. Namun setelah ditelusuri tim menemukan fakta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan memang mencabut Stick Cone atau tiang pembatas jalur sepeda yang ada di 13 ruas jalan Ibu Kota. Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menjelaskan Stick Cone yang rusak tersebut dianggap dapat membahayakan pengendara sehingga perlu dicabut. Jadi video dengan narasi Dishub DKI Jakarta cabut Stik Cone jalur sepeda untuk hilangkan karya Anies di Jakarta adalah tidak benar atau hoaks.

 

Agar tidak ketinggalan berita-berita terkini dan terlengkap, yuk subscribe channel YouTube Kompas TV Lampung! Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru dari Kompas TV.

Sahabat Kompas TV juga bisa memperoleh informasi terkini melalui website: https://www.kompas.tv.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x