Kompas TV regional berita daerah

Anies di Semarang: Cicipi Lumpia, Janji Bantu UMKM, Dorong Ekspor Produk Lokal

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 23:45 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Anies tiba di toko lumpia ini sekitar pukul 18.30 WIB. Kedatangannya langsung disambut para relawan dan simpatisannya. Anies sempat mencoba lumpia legendaris dari Semarang ini. Setelah itu, Anies sempat mengobrol dengan salah satu tokoh asal Semarang, Bathi Mulyono. Anies kaget dengan antusiasme warga Kota Semarang. Sebelum tiba di LCM, dia mengaku sempat mengunjungi salah satu kampus swasta di Kota Semarang. Capres nomor urut 1 ini mengaku bersyukur bisa kembali bertemu dengan Bathi Mulyono, yang dinilainya sebagai sosok yang konsisten dalam perjuangan.

 

Selain itu, Anies juga mampir di LCM. Menurutnya, LCM sebagai contoh bagaimana yang kecil harus dibesarkan, bagaimana agar kebijakan dimudahkan agar yang kecil punya kesempatan maju dan berkembang. Dia berharap warisan budaya yang terus berinovasi seperti lumpia ini bisa mendunia.

 

Sejumlah hal yang harus dilakukan untuk membantu UMKM berkembang disebutkan Anies, yakni akses permodalan, kedua regulasi untuk menjangkau pasar, dan pendampingan untuk manajemen. Menurutnya, kebanyakan akses permodalan mudah bagi yang formal, sedangkan sektor informal belum. Padahal, UMKM kebanyakan merupakan sektor informal. Anies yakin jika UMKM diberikan kesempatan bisa berkembang besar.

 

Sementara itu, pemilik LCM, Meliani Sugiarto atau Cik Meme, mengaku berkesan saat bertemu Anies. Sebab, saat dia menyampaikan aspirasi para pelaku UMKM di Kota Semarang, Anies berjanji akan memberikan berbagai kemudahan bagi para pelaku UMKM.

 

Bahkan, Anies tertarik menggali apa yang terjadi di UMKM, terutama produk lokal yang asli Kota Semarang. Sebab, lumpia disebut sebagai salah satu warisan budaya nasional tak benda. Sehingga, UMKM yang merupakan produk lokal bisa menjadi tuan di negerinya sendiri.

 

Disebutkan, Anies akan membantu mempermudah para pelaku UMKM untuk ekspor. Sebab, yang dirasakan mereka saat ini yakni kesulitan untuk melakukan ekspor terutama pada perizinan. Bahkan, saat mengobrol dengannya, Anies minta dibungkuskan keripik lumpia produk dari UMKM LCM.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x