Kompas TV regional papua maluku

Cerita Prajurit Kostrad Tugas di Nduga, Dari Pos Sepi Hingga Ramai Anak-anak Setiap Hari

Kompas.tv - 17 Februari 2024, 14:00 WIB
cerita-prajurit-kostrad-tugas-di-nduga-dari-pos-sepi-hingga-ramai-anak-anak-setiap-hari
Suasana Belajar Di Pondok Pintar Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad (Sumber: Batalyon Infanteri 411/Pandawa/6/2 Kostrad )
Penulis : KompasTV Merauke

NDUGA.KOMPAS.TV -  Letda Chk Agung Kurniawan Prawira, merupakan seorang prajurit TNI yang  saat ini sedang melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas RI-PNG Mobile di Kabupaten Nduga (bawah) Provinsi Papua Pegunungan, meliputi wilayah Kota Kenyam dan perbatasan antara Kabupaten Nduga dengan Kabupaten Asmat.

Letda Agung bergabung dengan Batalyon Infanteri 411/Pandawa/6/2 Kostrad yang bermarkas di Kota Salatiga, Jawa Tengah. Dalam penugasannya di Nduga,mendapat tugas  sebagai Perwira Hukum (Pakum) Satgas.

Bertugas di daerah yang merupakan basis Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) Kodap III Ndugama, pimpinan Egianus Kogoya tentunya memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi, dan ancaman keamanan yang serius sehingga jajaran aparat keamanan TNI-Polri di wilayah Kota Kenyam mempunyai tugas ekstra untuk menjaga stabilitas keamanan tetap kondusif.

Bersama dengan seluruh aparat keamanan yakni Polres Nduga, Kodim 1706/Nduga, Satgas Elang IV, Satgas Damai Cartenz 2024, Satgas Mandala, dan unsur Apkam TNI-Polri di Kenyam, Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa/6/2 Kostrad terus berkordinasi dan bersinergi untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan.

Tak hanya memiliki tugas utama menjaga stabilitas keamanan saja, namun guna kelancaran roda perekonomian dan pembangunan di daerah penugasan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad juga mengusung program teritorial sebagai wujud nyata kepedulian TNI AD dengan rakyat.

Sebagaimana perintah  Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, bahwa kehadiran Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad harus dapat memberikan manfaat nyata dan solusi mengatasi kesulitan yang sedang di alami masyarakat.

Berbagai program teritorial yang di gagas langsung oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Mobile Yonif 411/Pandawa/6/2 Kostrad Letkol Inf Subandi, dijalankan setiap harinya, seperti pelayanan kesehatan gratis, berbagi sembako yang diberi nama "Pos Senyum", borong hasil bumi, peduli gizi, peduli pendidikan, membantu mengajar, program penerangan lampu solar cell di wilayah Batas Batu. 

Sedangkan tempat belajar "Pondok Pintar Pandawa" yang di bangun di Pos Kotis Kenyam atas perhatian Letkol Inf Subandi melihat ramainya anak-anak yang bermain datang ke pos setiap harinya, mampu menjadi daya tarik karena merupakan hal yang baru ada di Kenyam, setiap harinya tak pernah sepi dari kunjungan anak-anak setiap harinya. Sebanyak 15-20 anak-anak datang untuk belajar sambil bermain di Pondok Pintar Pandawa, hal ini menjadi sebuah pemandangan Beru pada Pos Satgas TNI khususnya di wilayah Kota Kenyam, Nduga.

"Dulu awal pertama saya menginjakkan kaki di Kota Kenyam, dengan predikat sebagai daerah rawan, melihat anak-anak bermain di pos Satgas TNI itu bisa di katakan sangat langka, bahkan jarang, sehingga terlihat suasana semakin sepi," kata Letda Agung

"Dua Minggu bertugas berbagai gagasan program teritorial untuk menghidupkan suasana yang sepi supaya ramai dan membangun kedekatan bahwa kehadiran Satgas Yonif 411/Pandawa Kostrad harus bisa membawa dampak dan manfaat positif bagi masyarakat di daerah penugasan, salah satunya ini pembangunan tempat khusus untuk bermain dan belajar anak-anak yang diberi nama pondok pintar Pandawa, ya tentunya Letkol Subandi merogok kocek yang tidak sedikit," Tambah  Letda  Agung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x