Kompas TV regional berita daerah

Wakil Ketua PKB Sulteng Wanti-wanti Komisioner KPU Tidak Main-main dengan Suara Rakyat

Kompas.tv - 18 Februari 2024, 00:56 WIB
wakil-ketua-pkb-sulteng-wanti-wanti-komisioner-kpu-tidak-main-main-dengan-suara-rakyat
Safri : Pemilu 2024 adalah sarana dalam melaksanakan kedaulatan rakyat (Sumber: Istimewa)
Penulis : KompasTV Makassar

PALU, KOMPAS.TV - Wakil Ketua DPW PKB Sulawesi Tengah, Muhammad Safri mengingatkan KPU di kabupaten dan kota di Sulteng beserta jajarannya untuk bekerja profesional di setiap tahapan Pemilu 2024. Safri bahkan mewanti-wanti kepada para komisioner KPU untuk tidak bermain-main dengan suara rakyat yang telah disalurkan pada 14 Februari lalu.

"Kami mengingatkan KPU dan di Kabupaten/Kota di Sulteng beserta jajaran untuk bekerja secara profesional di setiap tahapan Pemilu 2024 terkhusus dalam rekapitulasi suara hasil pencoblosan 14 Februari lalu. Kami mewanti-wanti rekan-rekan komisioner agar tidak bermain-main dengan suara rakyat," ujar Safri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/2/2024).

Safri menegaskan Pemilu 2024 adalah sarana dalam melaksanakan kedaulatan rakyat. Olehnya itu, KPU kata Safri tidak boleh bermain-main dengan amanah negara, amanah rakyat. Mereka sebagai penyelenggara harus menjaga amanah tersebut alam menghadirkan penyelenggaraan pemilu yang baik, jujur dan adil.

"Jangan main-main, ini amanah negara, amanah rakyat yang dipercayakan kepada saudara-saudara semua. Pemilu ini penting sebagai sarana dalam melaksanakan kedaulatan rakyat dan menyangkut masa depan kita semua. Olehnya itu, jangan cederai amanah yang diberikan oleh negara dan rakyat. Hadirkanlah penyelenggarakan pemilu yang baik, jujur dan adil," tegasnya.

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ini juga mendesak Bawaslu untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang sementara berlangsung. Bawaslu kata Safri harus berani menunjukkan integritas yang tinggi sebagai wasit yang tegas dan berani menindak setiap pelanggaran yang terjadi. 

"Bawaslu harus berani dan menunjukkan integritas tinggi serta bekerja secara transparan, berintegritas dan profesional dalam pengawasan pemilu. Sebagai pengawas dalam setiap tahapan pemilu, mereka harus berani menunjukkan perannya sebagai wasit yang adil, tegas, dan berani menindak setiap pelanggaran yang terjadi," desaknya.

Safri menambahkan pihaknya memastikan akan melawan setiap indikasi kecurangan yang menguat di lapangan. Seluruh kader PKB dikerahkan untuk mengawal suara di tempat pemungutan suara (TPS) sampai pengumuman resmi dari KPU. 

"Kami di PKB Sulteng memastikan akan melawan segala bentuk kecurangan yang terjadi di lapangan. Untuk memastikan tidak adanya kecurangan dan manipulasi penghitungan suara, kami mengerahkan seluruh kader PKB untuk mengawal suara di TPS hingga pengumuman resmi dari KPU," pungkasnya.

 

 

#Pemilu2024
#KPUpalu
#Penghitungansuara




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x