Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah dari Reparasi Sepatu Profesional

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 13:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mungkin bagi masyarakat awam, reparasi sepatu identik dengan jasa sol sepatu yang biasa berada di pinggir jalan pusat keramaian. Berbeda dengan yang digeluti Wirawan Ari Suryadi ini, dia membuka gerai reparasi sepatu profesional ini di rumahnya, Jalan Dewi Sartika 2, No. 11 Komplek Perum Undip dan Unnes, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, yang justru jauh dari pusat keramaian.

Namun, justru diburu pelanggan, ini terbukti dengan banyaknya pelanggannya yang tak hanya dari Kota Lumpia, bahkan hingga Inggris. Bapak satu ini mengaku ide membuka jasa reparasi sepatu profesional ini dari hobinya mengoleksi sepatu sneakers. Karena jumlah koleksinya yang terus bertambah, otomatis tak sedikit yang jarang dipakai sehingga rusak.

Dari sini dia berusaha memperbaiki sendiri sejumlah sepatu yang rusak tersebut dengan ilmu yang didapatnya dari internet serta bertanya kepada sejumlah tukang sol sepatu di sekitarnya. Hingga akhirnya dia mahir memperbaiki berbagai jenis sepatu sendiri, mulai dari sneakers, sepatu futsal, sepak bola hingga sepatu basket.

“Awal mula saya terjun di reparasi sepatu ini karena suka sepatu untuk dikoleksi, tapi lama-lama dikoleksi, sepatu itu jadi rusak karena jarang dipakai. Akhirnya saya mencoba cari di internet, dulu tahun 2017/2018 masih jarang ada yang upload mengenai sol atau untuk peralatan reparasi. Dari situ, saya belajar dan sampai sekarang pun masih belajar untuk mereparasi,” ucap Wirawan.

Biaya reparasi sepatu ini mulai Rp 85.000 untuk pengeleman ringan, dan mulai dari Rp150.000 untuk full pengeleman ulang. Namun, berbeda tarif pula jika sepatu pelanggannya harus mengganti outsole karena mengalami kerusakan. Selain itu, juga tergantung dari kesulitan pengerjaan sepatu itu sendiri.

Salah satu pelanggan mengaku memilih reparasi di tempat ini karena hasil pengerjaan yang rapi dan berkualitas sehingga sepatu yang diperbaiki lebih tahan lama.

“Alasan saya kenapa mereparasi di Waskix ini karena yang pertama, kualitasnya bagus dan rapi. Saya rasa ketika mereparasi di sini berbeda. Kan biasanya (di tempat lain) ada sepatu yang kita reparasi jadi semakin rusak, tetapi di sini benar-benar perawatannya dimaksimalkan, lem yang digunakan kualitasnya juga bagus dan tahan lama,” ucap Isep Nuraiman, pelanggan.

Jadi jika anda memiliki sepatu dengan brand ternama namun sudah usang, jangan buru-buru dibuang. Anda bisa melakukan repair atau restorasi sepatu yang ada miliki pada jasa reparasi seperti ini. Apakah anda tertarik melakukannya? Atau justru anda tertarik untuk belajar mereparasi sepatu untuk membuka jasa serupa? Sebab, hasilnya cukup lumayan, Ari bisa mendapatkan omzet sekitar Rp6.000.000 setiap bulan dari jasa reparasi dan restorasi sepatu.

#jasasolsepatu #semarang #sepatu

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x