Kompas TV regional bali nusa tenggara

Dinilai Meresahkan, Puluhan Sepeda Listrik Sewaan Ilegal di Gili Trawangan Disita Warga, Turis Syok

Kompas.tv - 2 Maret 2024, 20:05 WIB
dinilai-meresahkan-puluhan-sepeda-listrik-sewaan-ilegal-di-gili-trawangan-disita-warga-turis-syok
Aksi warga Dusun Gili Trawangan di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, melakukan sweeping dan penyitaan sepeda-sepeda listrik sewaan ilegal di Gili Trawangan, Sabtu (2/3/2024). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Desy Afrianti

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Pasangan wisatawan Serena dan Samuel dari Italia tak bisa menutupi rasa terkejut mereka saat sepeda listrik yang mereka kendarai di jalanan Gili Trawangan mendadak disita oleh warga, Sabtu (2/3/2024) pagi.

Pada Sabtu, sejumlah warga Dusun Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, melakukan aksi sweeping penyitaan sepeda-sepeda listrik yang disewakan tanpa izin alias ilegal. Sepeda-sepeda listrik yang di-sweeping lalu disita dan dinaikkan ke atas dongol atau delman pengangkut barang.

Baca Juga: Dilarang Berbikini, Tak Boleh Ada Anjing hingga Party Dijadwal, Ini 7 Fakta Unik Gili Trawangan

Sepeda-sepeda listrik yang tengah dikendarai para wisatawan pun tak luput dari aksi penyitaan. Termasuk, sepeda listrik yang tengah ditumpangi Serena dan Samuel di jalanan Gili Trawangan.

“Kami kaget, syok,” ujar Serena saat ditemui Kompas.tv di Gili Trawangan, Sabtu (2/3). 

Tak mampu menyembunyikan rasa keterkejutannya, Serena mengaku kecewa. Oleh warga yang menyita sepeda listrik sewaannya, Serena dan Samuel diberitahu bahwa sepeda yang ditumpanginya tak memiliki izin sewaan. 

Samuel dan Serena, pasangan wisatawan, tak bisa menutupi syok dan kecewa usai sepeda listrik sewaan mereka disita oleh warga Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (2/3/2024). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

“Kami kecewa, karena kami tidak tahu bahwa itu ilegal,” ujar wisatawan asal Bologna, Italia itu. Namun, keduanya tak mampu berbuat apa-apa.

Adapun aksi sweeping penyitaan sepeda listrik sewaan tak berizin itu disebut dilatarbelakangi oleh keresahan warga. Menurut Zaini Abdul Hadi, perwakilan warga Dusun Gili Trawangan, keresahan warga itu bermula saat marak penyewaan sepeda listrik pada para wisatawan tanpa izin beberapa waktu lalu.

“Masyarakat resah karena banyak kejadian tamu kebut-kebutan, tamu tabrakan, warga juga jadi korban tabrakan,” tutur Zaini pada Kompas.tv.

Baca Juga: Diajak Rayakan HUT RI di Bawah Laut, Turis Gili Trawangan Girang: Thank You for All, Indonesia!

Zaini menyebutkan, warga pun sudah melaporkan pada pihak berwenang seperti Dinas Perhubungan setempat maupun Bupati untuk menertibkan sepeda-sepeda listrik itu.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x