Kompas TV regional jawa timur

Temuan Labfor soal Penyebab Ledakan di Markas Gegana Brimob Polda Jatim, Sebut Karena Hal Ini

Kompas.tv - 4 Maret 2024, 20:10 WIB
temuan-labfor-soal-penyebab-ledakan-di-markas-gegana-brimob-polda-jatim-sebut-karena-hal-ini
Kepala Bidang Laboratorium Forensik (Kabid Labfor) Polda Jatim, Kombes Sodiq Pratama dalam konferensi pers, Senin (4/3/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Labfor Polda Jawa Timur (Jatim) mengungkapkan dugaan penyebab ledakan, di Markas Detasemen Gegana, Satuan Brimob, Polda Jatim, Senin (4/3/2024).

Kepala Bidang Laboratorium Forensik (Kabid Labfor) Polda Jatim, Kombes Sodiq Pratama menyebut hal tersebut berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kejadian.

Sebelum menguak penyebab ledakan, Sodiq menjelaskan terkait barang bukti yang ditemukan pihaknya dari olah TKP, diantaranya potasium florat dan belerang atau sulfur.

"Dari hasil di TKP sampai tadi, kita temukan barang bukti adalah (potasium) florat kemudian belerang atau sulfur. Kemudian setelah dilakukan pengecekan oksidatornya, positif oksidator," kata Sodiq dalam konferensi pers, Senin (4/3/2024).

"Dari bahan-bahan tersebut seperti yang disampaikan bapak Kapolda Jatim (Irjen Imam Sugianto), itu merupakan indikasi bahan dari flash powder atau yang sering bahan-bahan untuk mercon, bahan bonder, dan lain-lain," jelasnya.

Bahan tersebut kata Sodiq, masuk dalam kategori low explosive atau daya ledak rendah.

Namun, lanjut ia, meski rendah, bahan itu rentan meledak. sebab, bahan-bahan tersebut dianggap cukup sensitif terhadap gerakan, panas, maupun tekanan. 

"Bahan itu digolongkan sebagai low explosive. Justru low low explosive itu sangat riskan atau sensitif terhadap gerakan, panas, tekanan itu sangat mudah (Meledak)," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan analisa sementara ledakan terjadi karena kondisi yang lembap kemudian terpapar sinar matahari, sehingga terjadi reaksi kimia di antaranya kemudian timbul ledakan.

"Kita analisa tadi yang paling mungkin adalah yang pertama, karena suasana lagi hujan, karena barang itu baru masuk kemudian lembap, terjadi reaksi kimia diantara mereka. Kemudian kena panas sekitar jam 10-an itu. Secara teori bisa meledak dengan sendirinya," tegasnya.

Meski demikian Sodiq menyebut terdapat kemungkinan lain yang mengakibatkan ledakan itu terjadi. Namun ia mengatakan hingga saat ini kondisi yang lembap dan paparan panas matahari menjadi yang paling mungkin menjadi penyebab ledakan.

"Tapi bisa mungkin yang lain sedang kita analisa, tapi sampai saat ini yang paling mungkin itu. Seperti juga kejadian-kejadian sebelumnya, yang memicu (Ledakan) adalah karena getaran panas atau karena tekanan," ucapnya.

"Jadi kesimpulan sementara saat ini adalah karena kondisinya lembap kemudian kena sinar matahari, lalu terjadi reaksi kimia di antara mereka kemudian timbul ledakan," sambungnya.

Baca Juga: Ledakan di Markas Gegana Brimob Polda Jatim, Polisi Bentuk Tim Khusus



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x