Kompas TV regional jabodetabek

Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini dan Sepekan ke Depan, BMKG: Waspada Hujan Sore hingga Dini Hari

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 11:41 WIB
prakiraan-cuaca-jabodetabek-hari-ini-dan-sepekan-ke-depan-bmkg-waspada-hujan-sore-hingga-dini-hari
Ilustrasi hujan. Prakiraan cuaca Jabodetabek sepekan ke depan 15-20 Maret 2024 (Sumber: Atilla Bingol on Unsplash)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) hari ini, Jumat (15/3/2024) dan sepekan ke depan akan didominasi hujan.

Dalam siaran pers prakiraan cuaca BMKG, secara umum wilayah Jabodetabek akan didominasi kondisi cuaca hujan ringan hingga sedang.

Potensi hujan dengan intensitas hingga sedang dapat terjadi terutama di wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

"Penurunan potensi intensitas hujan di Jabodetabek akan terjadi mulai tanggal 17 Maret 2024. Perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang sesaat di sebagian wilayah Jabodetabek utamanya pada sore hingga dini hari," tulis Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Hujan Lebat di 18 Wilayah Ini pada 15-18 Maret 2024

BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk DKI Jakarta

Cuaca ekstrem tersebut merupakan akibat dari dinamika atmosfer munculnya 3 bibit siklon tropis, terpantau pada 14 Maret 2024.

Adanya tiga Bibit Siklon Tropis, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Bibit Siklon Tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30-35 knots (56 - 65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori sedang-tinggi dalam 24 jam ke depan.

Bibit Siklon Tropis 94S memiliki kecepatan angin maksimum 15 - 20 knots (28 - 37 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 999.9 hPa, pergerakan ke arah timur-tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis pada kategori rendah dalam 24 jam ke depan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x