Kompas TV regional papua maluku

Kronologi Anggota Basarnas Meninggal saat Selamatkan Pemuda yang Hendak Bunuh Diri di Jayapura

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 16:05 WIB
kronologi-anggota-basarnas-meninggal-saat-selamatkan-pemuda-yang-hendak-bunuh-diri-di-jayapura
Anggota Basarnas Jayapura meninggal dunia saat mencoba mengevakuasi pemuda yang melakukan percobaan bunuh diri, Rabu (13/3/2024). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Anggota Badan SAR Nasional (Basarnas) Jayapura, Tri Sudarmo, meninggal dunia saat mencoba menyelamatkan seorang pemuda yang hendak bunuh diri di tower telekomunikasi Gunung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Jayapura, Papua, Rabu (13/3/2024).

Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo mengungkapkan kronologi meninggalnya Tri saat berusaha menyelamatkan pemuda berinisial TY (21).

Peristiwa itu bermula saat tim Basarnas Jayapura mendapatkan laporan adanya orang yang hendak bunuh diri dengan memanjat tower Telkomsel pada Rabu sore.

Kusworo bilang, pemuda itu memanjat tower hingga ketinggian 30-40 meter.

Baca Juga: Hendak Selamatkan Orang Diduga Mau Bunuh Diri, Anggota Basarnas Malah Didorong hingga Tewas Terjatuh

Tri mendapatkan tugas untuk naik ke tower dan membujuk TY agar mau turun. TY sempat menerima bujukan Tri dan mau turun.

Namun saat berada di ketinggian 15 meter, TY melakukan perlawanan. Saat itu, Tri sedang mengikatkan tali kepada TY sebagai upaya evakuasi. 

Saat posisi simpul tali Tri dan TY masih di posisi break (diam), penumpukan tali pun terjadi. Tiba-tiba, TY mendorong badan Tri hingga membuatnya panik dan pegangan tangannya pada besi terlepas.

“Di luar dugaan, si korban ini dorong daripada tim kami sehingga jatuh,” ungkap Kusworo, Kamis (14/3/2024).

Tri sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari. Namun, nyawanya tidak terselamatkan karena ia mengalami patah tulang dan luka serius di bagian kepala.

Baca Juga: Deret Kasus Bunuh Diri Satu Keluarga: di Cinere Depok, Pakis Malang, dan Kini Penjaringan Jakut

TY yang hendak bunuh diri akhirnya selamat dan kini dirawat di RSUD Yowari. Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.

“Pemuda berinisial TY, pelaku percobaan bunuh diri masih menjalani perawatan di RSUD Yowari,” ucap Ignatius.

Disclaimer:

Artikel ini tidak bertujuan untuk mempromosikan perilaku bunuh diri.

Apabila Anda saat ini mengalami depresi atau keinginan bunuh diri, jangan putus asa. Depresi dan gangguan kejiwaan dapat pulih dengan bantuan profesional kesehatan mental.

Temukan informasi mengenai bagaimana menjaga kesehatan mental dan menghubungi layanan profesional di laman Pencegahan Bunuh Diri Into The Light Indonesia di www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x