Kompas TV regional berita daerah

Donor Darah di Malam Hari, Berbagi Kebaikan di Bulan Puasa!

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 16:43 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Mobil donor darah dari PMI Kabupaten Pekalongan setiap hari bergerak dari satu masjid ke masjid lainnya untuk menjaring sukarelawan pendonor. Di bulan Ramadan, PMI Kabupaten Pekalongan sengaja jemput bola ke masjid-masjid untuk memenuhi kebutuhan darah.

 

Adanya donor darah malam hari disambut baik oleh banyak warga yang memadati halaman masjid di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Donor darah yang digelar merupakan bentuk kerja sama PMI dengan Komunitas Cinta Sesama Kabupaten Pekalongan.

 

Komunitas ini menggelar donor darah bersama PMI karena tergugah kondisi stok darah di PMI menipis. Donor darah juga sebagai ajang berbagi sesama, khususnya di bulan puasa.

 

Berdasarkan data dari PMI Kabupaten Pekalongan, di bulan Ramadan, warga yang mendonorkan darahnya berkurang sampai 50 persen. Oleh karenanya, PMI melakukan kegiatan donor darah mobile setiap hari usai salat tarawih.

 

Donor darah mobile ini rencananya akan dilaksanakan sampai sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan target 150 kantong darah tiap harinya. Diharapkan dengan adanya donor darah malam di bulan puasa, stok darah di PMI Kabupaten Pekalongan aman hingga tujuh hari setelah Lebaran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x