Kompas TV regional bali nusa tenggara

Gunung Lewotobi di NTT Kembali Erupsi pada Selasa Malam, Warga Diimbau Waspada Potensi Banjir Lahar

Kompas.tv - 2 April 2024, 22:41 WIB
gunung-lewotobi-di-ntt-kembali-erupsi-pada-selasa-malam-warga-diimbau-waspada-potensi-banjir-lahar
Visual Gunung Lewotobi Laki-laki pada Selasa (2/4/2024) malam (Sumber: Dokumen PGA Lewotobi Laki-laki)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

FLORES TIMUR, KOMPAS.TV - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT),  kembali mengalami erupsi pada Selasa (2/4/2024) malam.

Dilaporkan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, erupsi tersebut terjadi pada pukul 22.02 WITA dengan tinggi kolom abu tidak teramati.

Petugas Pos PGA Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa, menyebut erupsi tersebut terekam berlangsung selama 1 menit 3 detik.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 4.4 mm dan durasi lebih kurang 1 menit 3 detik," kata Bobyson dalam keterangannya, dikutip dari Kompas.com, Selasa malam.

Bobyson pun meminta masyarakat sekitar untuk mengenakan masker atau penutup hidung dan mulut guna menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

Baca Juga: Dampak Erupsi Merapi, Abu Vulkanik Menyelimuti Lahan Pertanian Sayur!

Warga juga diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda. Selain itu masyarakat diharapkan tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

"Waspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi," ucapnya.

Lebih lanjut, Bobyson mengungkapkan hingga saat ini status Gunung Lewotobi Laki-laki masih berada di level II atau Waspada.

Warga sekitar maupun wisatawan diminta agar tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral 3 kilometer pada arah utara, timur laut dan 5 kilometer pada sektor timur laut.

Pemerintah daerah juga diharapkan untuk selalu berkoordinasi dengan Pos PGA Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung. 

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Capai Ketinggian 1.000 Meter


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x