Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Polda DIY Sebut Pemudik Bakal Masuk ke Jogja Capai 11,7 Juta Jiwa

Kompas.tv - 4 April 2024, 00:00 WIB
polda-diy-sebut-pemudik-bakal-masuk-ke-jogja-capai-11-7-juta-jiwa
Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyematkan pin kepada salah seorang personel gabungan pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan Mudik Lebaran 2024 di Mapolda DIY, Rabu (3/4/2024). Setidaknya 11,7 juta pemudik diperkirakan bakal masuk wilayah DIY pada Lebaran tahun ini. (Sumber: Kompas TV/Michael Aryawan)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperkirakan jumlah pemudik yang masuk ke wilayah provinsi tersebut pada saat arus mudik Lebaran 2024 mencapai 11,7 juta jiwa.

Dalam gelar pasukan pengamanan di Mapolda DIY, Rabu (3/4/2024) pagi, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, menyebut DIY menempati urutan keempat nasional, daerah yang paling banyak bakal dituju oleh pemudik untuk Lebaran 2024 ini. 

Diprediksi, sebanyak 11,7 juta pemudik akan datang ke Yogyakarta, sehingga perlu langkah pengamanan yang ekstra.

Baca Juga: Kehabisan Bensin di Jalan Tol Jateng? Pertamina Siagakan 9 Kendaraan Jaga Kebutuhan BBM Pemudik

"Mereka yang dari luar DIY sebelum kembali ke Jakarta, terlebih dahulu mampir ke Yogya untuk silaturahmi atau pun berwisata. Prediksi itu berdasarkan analisa pada operasi sama yang digelar tahun sebelumnya," tandas Irjen Suwondo.

Meskipun jumlah pemudik meningkat signifikan, namun Kapolda memastikan tidak ada penutupan jalan yang bersifat permanen. Jenderal Polisi bintang dua itu menyatakan, rekayasa jalur hanya akan dilakukan dengan tetap menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Dengan jumlah pemudik 11,7 juta jiwa, tidak mungkin tidak terjadi kemacetan. Yang penting tidak stak atau berhenti sampai satu jam. Paling tidak, walau melambat, tapi tiap satu menit bisa jalan. Itu yang akan kita usahakan," tegas Kapolda DIY.

Terkait dengan jumlah personel yang diterjunkan selama masa Mudik Lebaran 2024, Kapolda DIY menyebut ada 4.846 personel yang merupakan gabungan TNI-Polri beserta sejumlah instansi. Mereka akan dikerahkan ke berbagai titik rawan, untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada para pemudik.

Baca Juga: Pemudik yang Naik Kereta Lebihi Relasi Bisa Didenda dan Tak Bisa Naik KA hingga 6 Bulan

"Sebanyak 4.846 personel terdiri dari Polri, TNI dan stakeholder, diterjunkan selama Operasi Ketupat Progo. Di luar itu, juga ada ormas dan lainnya, termasuk PMI yang siap menerjunkan 900 personelnya," sambung Irjen Suwondo. 

Usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2024, Kapolda bersama rombongan kemudian meninjau Pos Pelayanan di Ambarukmo Plaza. Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan pun memastikan, seluruh posko yang ada di wilayah hukum Polda DIY telah siap difungsikan.

Penulis: Jurnalis KompasTV DIY, Michael Aryawan


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x