Kompas TV regional jabodetabek

Diduga Jadi Tempat Prostitusi, Pengamat Sarankan RTH Tubagus Angke Ditutup Sementara

Kompas.tv - 4 Mei 2024, 22:20 WIB
diduga-jadi-tempat-prostitusi-pengamat-sarankan-rth-tubagus-angke-ditutup-sementara
Petugas menemukan sampah berupa sisa alat kontrasepsi di RTH sepanjang Jalan Pangeran Tubagus Angke, Jakarta. (Sumber: Kompas.com/Rizky Syahrial)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga, menyarankan penutupan sementara Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Jakarta Barat, yang diduga menjadi tempat prostitusi.

Nirwono berpendapat perlu adanya penataan ulang dan revitalisasi agar lokasi tersebut kembali berfungsi sebagai ruang terbuka hijau.

“Pj Gubernur harus bertindak tegas untuk menertibkan praktik-praktik negatif di RTH tersebut, menutup sementara dan segera ditata ulang atau revitalisasi desain RTH-nya,” kata Nirwono kepada Kompas.com, Sabtu (4/5/2024).

Menurutnya, RTH Tubagus Angke semestinya dilengkapi dengan CCTV dan dijaga oleh petugas, agar tidak lagi menjadi tempat maksiat.

Baca Juga: Buntut Temuan Kondom, Satpol PP Tempatkan Petugas di RTH Jalan Tubagus Angke Jakbar 24 Jam

“Dilengkapi CCTV dan penerangan taman yang memadai, dan dijaga petugas keamanan taman sehingga tidak ada lagi kegiatan negatif, termasuk tindakan kriminal maupun prostitusi,” jelasnya.

Ia pun mendorong Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menegur dan memberikan sanksi kepada sejumlah pihak terkait penyalahgunaan RTH Tubagus Angke sebagai tempat melakukan kegiatan negatif.

Sejumlah pihak tersebut antara lain Wali Kota Jakarta Barat, camat Grogol Petamburan, dan lurah Wijaya Kusuma. 

Sebab, ia berpendapat adanya dugaan praktik prostitusi di RTH Tubagus Angke karena tidak ada pengawasan dan pengelolaan yang baik dan benar oleh pemangku wilayah.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x