Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Difabel dan Lansia Berlatih Budidaya Lele

Kompas.tv - 6 Mei 2024, 10:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk memberdayakan difabel dan lansia agar tetap produktif di tengah keterbatasan, Kelurahan Sampangan, Kota Semarang, mengajarkan cara budidaya lele dengan memanfaatkan peralatan sederhana dan mudah ditemui di sekitar.

Setidaknya ada 12 peserta yang terdiri lansia dan difabel yang ada di Kelurahan Sampangan, Kota Semarang. Belasan peserta ini datang ke halaman Kelurahan Sampangan, untuk mendengarkan penjelasan mengenai cara budidaya lele.

Peserta yang hadir tampak antusias melihat cara budidaya lele yang tergolong sederhana, dengan benda-benda yang gampang ditemui di lingkungan sekitar, yakni dengan memanfaatkan galon air mineral bekas.

“Senang kalau ada pelatihan-pelatihan, kalau saya suka ya saya mengikuti (pelatihan). Ini awal-awal budidaya di satu galon dulu,” tutur Gunadi, peserta difabel.

Tak hanya peserta, pembicara yang dihadirkan juga merupakan seorang difabel. Dia adalah Muhammad Imron, yang sudah sejak tahun 2019 mengembangkan inovasi budidaya lele di lahan terbatas.

“Saya mulai belajar simulasi budidaya lele itu tahun 2019, bukan di dalam galon tapi langsung di kolam kecil,” ucap Muhammad Imron.

Kelurahan Sampangan baru pertama kali ini mengadakan pelatihan yang dikhususkan untuk peserta difabel dan lansia. Meskipun baru pertama kali, pihak kelurahan berencana untuk tetap mendampingi peserta, jika nantinya peserta membutuhkan bantuan teknis untuk budidaya atau pun kebutuhan bibit lele dan galon air mineral bekas.

“Kaum difabel dan lansia ini kita harapkan bisa produktif, jadi tidak terkungkung dengan keterbatasan, mereka bisa berkembang dan berkarya untuk kesejahteraan keluarganya,” jelas Victor Wahyu Widianto, Lurah Sampangan.

Pelatihan budidaya lele dipilih selain dari peralatannya yang mudah ditemui, memelihara lele juga termasuk hal yang mudah, karena bisa diletakkan di mana saja dan tidak memakan banyak ruang. Lele pun merupakan jenis ikan ternak yang tergolong cepat dalam berkembang biak.

Para peserta nantinya mendapat paket budidaya gratis yang bisa dibawa pulang untuk diterapkan di rumah, seperti galon mineral yang sudah digunting, beberapa bibit ikan lele, serta pakan ikan lele.

#pelatihan #difabel #lansia #sampangan

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x