Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Jaga Pasokan Listrik Yang Andal, PLN Mariana Rutin GOESR Dengan Melakukan Pemangkasan Pohon

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 19:07 WIB
jaga-pasokan-listrik-yang-andal-pln-mariana-rutin-goesr-dengan-melakukan-pemangkasan-pohon
PLN ULP Mariana menugaskan 10 Personil Tim Pelayanan Teknik untuk melaksanakan pemampasan pohon yang berpotensi mengganggu keandalan jaringan yang berada di Desa Air Sugian, Mariana. (Sumber: Humas PLN Mariana )
Penulis : KompasTV Palembang

MARIANA, KOMPAS.TV - Letak wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mariana yang sebagian besar didominasi oleh perkebunan dan tanam tumbuh sehingga menjadi tantangan ekstra bagi PLN ULP Mariana untuk menjaga pasokan listrik tetap aman dan tidak sering padam.

"Fakta bahwa laporan gangguan jaringan listrik tegangan menengah dimana penyebab terjadinya gangguan atau padamnya aliran listrik terbanyak di wilayah kerja PLN ULP Mariana adalah diakibatkan oleh pohon-pohon yang ada di sekitar jaringan PLN. Ketika pohon-pohon tersebut tertiup angin, dahan, ranting, pelepah, maupun daun-daun yang terkena ke jaringan PLN tersebut dapat menyebabkan korsleting atau dapat menyebakan aliran listrik menyalur ke tanah dan menyebabkan aliran listrik padam," ungkap Bayu Landini, Manager ULP Mariana.

PLN ULP Mariana menugaskan 10 Personil Tim Pelayanan Teknik untuk melaksanakan pemangkasan pohon yang berpotensi mengganggu keandalan jaringan yang berada di Desa Air Sugian, Mariana, pada Senin (07/05/2024). Dalam mendukung kegiatan tersebut, PLN menyiapkan 8 kendaraan bermotor dan jalur air dengan menggunakan kapal untuk sampai ke lokasi.

"Alhamdulillah pada tanggal 7 Mei 2024, PLN ULP Mariana telah melaksanakan pemangkasan pohon melalui Aksi GOESR di Desa Air Sugian dengan total 1 kms dengan melakukan penebangan 24 batang pohon yang berpotensi mengganngu kehandalan jaringan,” ungkapnya.

Beliau juga menambahkan bahwa sesuai dengan prosedur jarak aman pohon terhadap jaringan PLN adalah 2,5 meter di sekeliling jaringan. Oleh sebab itu, Bayu menghimbau kepada masyarakat pemilik pohon agar bersedia pohonnya dipangkas maupun ditebang, serta selalu menggunakan PLN Mobile untuk memudahkan pelanggan dan PLN dalam melaksanakan pelayanan kelistrikan dan pemantauan bagi petugas PLN.

Manager PLN ULP Mariana, Bayu Landini mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan setempat dan masyarakat atas respon yang baik tersebut. Beliau berharap kegiatan GOESR selanjutnya dapat berjalan lancar dan keandalan pasokan listrik yang kita idamkan bersama dapat terwujud serta dapat kita nikmati bersama.




Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x