Kompas TV regional bali nusa tenggara

Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi, PVMBG Keluarkan Peringatan

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 08:56 WIB
gunung-lewotobi-laki-laki-kembali-erupsi-pvmbg-keluarkan-peringatan
Foto arsip. Tangkapan layar rekaman CCTV PVMBG yang menunjukkan abu vulkanik membubung di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/1/2024). (Sumber: ANTARA/HO-PVMBG)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

FLORES TIMUR, KOMPAS.TV - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, mengalami dua kali erupsi pada Jumat (10/5/2024) dini hari WITA.

Erupsi pertama terjadi pada pukul 00:40 WITA dengan amplitudo maksimum 29,6 mm dan durasi 307 detik.

Kemudian, erupsi kembali terjadi pada pukul 03:21 WITA dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 477 detik.

Berdasarkan laporan dari petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef S Mboro, visual tinggi kolom erupsi kedua tidak teramati.

Meski terjadi aktivitas vulkanik terkini, Gunung Lewotobi Laki-laki yang berketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut (mdpl), tetap berada pada level II atau Waspada.

Baca Juga: Tak Bisa Pulang ke Rumah Karena Berbahaya, 129 Warga Korban Erupsi Gunung Ruang Menunggu Relokasi

Terkait kondisi tersebut, PVMBG menyarankan masyarakat setempat, pengunjung, dan wisatawan untuk tidak melakukan kegiatan apa pun dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi.

Rekomendasi juga berlaku di sektoral 3 km pada arah utara-timur laut dan 5 km pada sektor timur laut.

"Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki hendak mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi," imbau Herman, Jumat, dikutip dari Antara.

PVMBG mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur dan pihak terkait lainnya untuk melaporkan secara berkala aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki.

Baca Juga: Gunung Ibu di Maluku Utara Kembali Erupsi Pagi Ini, Lontarkan Abu Setinggi 1.500 Meter

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti arahan pihak berwenang dalam menghadapi potensi bahaya yang mungkin timbul akibat aktivitas vulkanik tersebut.


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x