Kompas TV regional berita daerah

Inovasi Ciptakan Deodoran Alami Jadi Peluang Usaha Baru

Kompas.tv - 18 Mei 2024, 14:18 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS.TV – Seorang Wanita Asal Desa labanu Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo Rintia Fratista Halada Atau Lebih kenal disapa Ririn ini, menciptakan inovasi  deodoran spray dari bahan alami.

Proses produksinya sangat gampang dan murah, Ririn hanya perlu menyiapkan tawas berkualitas baik,  kemudian dicampur air  murni dengan kadar PH terukur.

Hasil campuran tersebut di blender hingga benar-benar rata, dari campuran ini kemudian sebagiannya ditambahkan pengharum dan sebagiannya lagi dikemas original.

Meski masih menggunakan perlatan seadanya, inovasi ririn mencipatakan deodoran alami telah  melalui uji dan telah mengantongi ijin edar balai pengawasan obat dan makanan, atau BPOM.

Usaha memproduksi deodoran spray alami ini, dilakukan ririn dari rasa penasaran saat memanfaatkan tawas  sebagai bahan penghilang bau usai menggunakan alat pelindung diri ketika bertugas sebagai tenaga kesehatan  saat pandemi covid 19.

Saat ini, usaha produksi deodoran milik ririn telah dikenal banyak orang dan banjir permintaan pasar tak hanya dari Warga Gorontalo tetapi juga dari wilayah Sulawesi Tengah, Manado bahkan telah menembus pasar di Pulau Jawa.

Baca Juga: Jawab Ketum Golkar Airlangga soal Isu Khofifah-Emil Lawan Kotak Kosong di Pilgub Jatim

Agar semakin dikenal, ririn juga telah memasarkan deodoran spray tersebut lewat sosial media termasuk tiktok.

Satu botol deodoran dijual dengan harga dua puluh ribu rupiah dari dua varian, original dan beraroma.

Deodoran ciptaan Ririn, dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan akibat keringat. Dapat juga digunakan untuk menghilangkan bau apek pakaian, hijab hingga sepatu.

 

#deodoranspray

#inovasi

#alami

#gorontalo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x