Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rukma, Mantan Ketua DPRD Jateng Daftar Bacagub

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 10:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Rukma Setyabudi mengambil formulir pendaftaran calon gubernur Jawa Tengah di Kantor DPD PDI-Perjuangan Jateng.

Rukma Setyabudi merupakan orang ketiga yang mengambil formulir dan mendaftar sebagai bakal calon untuk Pilkada Jawa Tengah.

Rukma mendaftar sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah. Dia merasa prihatin dengan suasana politik, sehingga ingin mengembalikan tujuan bernegara seperti cita-cita Bung Karno, yakni kemandirian rakyat. Meski nantinya pencalonan gubernur Jateng ditentukan oleh rekomendasi dari Megawati, namun semua pendaftar mempunyai kans atau peluang yang sama.

Namun nantinya, siapapun yang mendapatkan rekomendasi dari Megawati akan didukung secara bersama-sama. Rukma juga menegaskan tidak akan mendaftar melalui partai lain, sebab PDI Perjuangan adalah partai politik yang membesarkannya.

“Keprihatinan saya terhadap keadaan politik negara kita carut marut dan banyak politik praktis, apa yang mau dihasilkan kan sulit. Kita berjuang untuk merakyat dengan gotong royong, itu ideologi yang diajarkan Bung Karno. Rakyat kecil tapi mampu berdiri di kaki kita sendiri, itu yang ingin kita perjuangkan,” ucap Rukma Setyabudi.

Setelah membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jateng pada tanggal 22 Mei lalu, DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah sudah menerima kedatangan tiga orang kader internal yang mengambil formulir pendaftaran.

Jika Rukma Setya Budi mendaftar sebagai gubernur, sebelumnya dua anggota DPR RI yakni Heru Sudjatmoko dan Riyanta sudah mengambil formulir dan mendaftar sebagai wakil gubernur. Pendaftaran bakal calon gubernur di DPD PDI Perjuangan akan ditutup pada tanggal 28 Mei 2024.

#pilgubjateng #rukmasetyabudi #pilkada



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x