Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nikmatnya Kuliner Entok Asap yang Gurih dan Empuk

Kompas.tv - 17 Juni 2024, 10:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

JEPARA, KOMPAS.TV - Sajian kuliner entok asap ini berada di warung milik Pak Gondrong, yang berada di Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Berbeda dengan menu masakan entok pada umumnya, di warung ini daging entok dimasak dengan cara diasap di dalam tungku yang terbuat dari tanah liat.

Untuk memasak entok asap ini, dibutuhkan waktu kurang lebih enam jam mulai dari proses membumbui, merebus daging, hingga proses pengasapan. Lamanya proses memasak ini membuat dagingnya terasa gurih dan empuk.

Selain itu, dengan proses pengasapan yang cukup lama, daging entok ini menjadi rendah lemak dan tinggi akan protein. Selain entok asap, warung ini juga menyediakan entok dan ayam goreng.

Setiap dibuka, warung ini selalu ramai akan pembeli. Tidak hanya dari dalam kota, pembeli juga banyak yang datang dari luar daerah, untuk menikmati sajian entok asap yang menggugah selera ini.

“Empuk, terus gurih, juga enak. Aku pernah makan entok rica-rica agak keras si. Kalau ini benar-benar empuk jadi efek asapnya itu sangat khas,” tutur Jenar, penikmat entok asap.

Pak Gondrong yang bernama asli Rifki Muslim ini, mengaku daging entok yang digunakan merupakan entok yang berasal dari peternakan kampung yang tekstur dagingnya lebih padat, sehingga saat dimasak dagingnya tidak hancur dan bumbunya meresap.

“Dibacem dulu, dibumbuin selama tiga sampai empat jam dengan api yang sangat kecil, prosesnya itu di waktu, jadi nggak bisa dipaksa pake presto pake apa itu nggak masuk, karena dia memaksa jadi prosesnya manual semua. Setelah diproses bacem selama empat jam, terus diasap dua jam untuk mengeluarkan minyaknya,” jelas Pak Gondrong.

Satu porsi entok asap hanya dibanderol dengan harga Rp 50.000, namun jika anda datang bersama rombongan, bisa juga pesan satu ekor untuk dimakan bersama delapan orang dengan harga Rp 360.000. Bagaimana, tertarik mencicipi entok asap ini?

#kuliner #jepara #entokasap



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x