Kompas TV religi beranda islami

Doa yang Diaminkan Malaikat, Apa itu?

Kompas.tv - 14 November 2021, 10:50 WIB
doa-yang-diaminkan-malaikat-apa-itu
ilustrasi seorang yang zikir dan doa. Ternyata ada doa yang malaikat bisa ikut mendoakan. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada sebuah doa, jika kita mengamalkannya, maka malaikat akan berebut untuk turut serta ikut mengaminkan doa yang anda panjatkan.

Kenapa harus dengan malaikat ikut mendoakan kita, apa tidak cukup kita sendiri? 

Pada dasarnya, doa adalah cara seorang muslim berbciara dengan Allah. Tapi terkadang, doa kita tidak terterima sebab berbagai hal yang tidak disadari.

Bisa jadi karena kita terlalu banyak dosa, atau memang cara kita berdoa yang kurang tepat hingga doa kita tidak diijabah (tertolak), atau justru karena kita sombong

Dalam Firman Allah Q.S Al Mu'min ayat 60 disebutkan kenapa kita harus berdoa. Doa sebagai penanda bahwa kita bukanlah makhluk yang sombong.

"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Nah, doa yang diaminkan malaikat bermakna, doa kita akan dapat ‘bantuan’ dari Malaikat agar lebih cepat dikabulkan oleh-Nya.

Baca Juga: Bacaan Doa Mustajab Malam Jumat Agar Semua Keinginan Dikabulkan, Catat Waktu Terbaiknya

Apa itu Doa yang Diaminkan Malaikat?

Ternyata, ada sebuah perbuatan yang bisa kita lakukan agar malaikat juga turut serta mendoakan agar doa-doa kita diakabulkan.

Amalan itu berupa, mendoakan sahabat kita maupun kerabat kita yang jauh tanpa diketahui oleh orang yang kita doakan.

Sebab, sendiri saja belum tentu doa kita diterima, dengan malaikat yang juga mendoakan kita, tentunya akan lebih besar peluang doa dan harapan dikabulkan.

Hal ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad dalam Shahih Bukhari itu diceritakan, muslim yang mendoakan saudaranya maka Malaikat akan mengaminkan doa itu, seraya mendoakan kebaikan yang sama kepadanya.

“Barangsiapa yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) yang berjauhan, melainkan malaikat akan berkata; ‘Amiin dan bagimu kebaikan yang sama. (HR Muslim).

Baca Juga: Siksa Kubur Sangat Pedih, Bacalah Doa Ini agar Diselamatkan oleh Allah

Doa baik kepada saudara kita itu bisa berupa hal sederhana seperti mendoakan ia tetap sehat selalu, rezeki melimpah hingga hidup penuh keberkahan.

Segala doa itu bisa berbalik kepada kita. Para malaikat akan berdoa kepada Allah agar kita juga mendapatkan keberkahan yang sama. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x