Kompas TV religi beranda islami

Wanti-wanti Gus Baha soal Mandi Junub Pakai Sampo Bisa Tidak Sah Ibadah, Ini Alasannya

Kompas.tv - 20 Mei 2022, 05:50 WIB
wanti-wanti-gus-baha-soal-mandi-junub-pakai-sampo-bisa-tidak-sah-ibadah-ini-alasannya
Cerita Gus Baha soal mandi junub pakai sampo yang kerap disalahpahami, padahal bisa jadi, ibadah tidak sah. Berikut penjelasannya. (Sumber: Situs Resmi NU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – KH Bahaudin Nursalim atau biasa dipanggil Gus Baha mewanti-wanti agar umat Islam berhati-hati dalam proses mandi junub.

Sebab, kata Gus Baha, jika dalam proses mandi junub itu tidak beres secara fikih, bisa jadi berpengaruh pada sah atau tidaknya ibadah.

Ia pun mengingatkan tentang aktivitas memakai sampo atau sabun dalam proses mandi junub. Penggunaan sampo dalam mandi junub ini ternyata, bisa bikin proses mandi wajib karena hadas besar tersebut jadi tidak sempurna.

Kenapa? Hal ini terkait status air yang dipakai mandi junub berpotensi menjadi air mutaghoyyir, atau air suci tetapi tidak menyucikan.

Hal ini lantaran kebiasaan, jika mandi junub, langsung membasuh rambut atau tubuh dengan sabun atau sampo terlebih dahulu.

Padahal, seharusnya dibasahi dulu semua tubuh dengan air mutlak, atau air suci yang menyucikan. Air yang terkena busa sabun atau sampo tersebut yang menyebabkan jadi air mutaghoyyir.

“Jangan memakai sampo dulu. (Karena) kamu siram sekali saja tubuhmu dalam proses mandi, lalu pakai sampo lalu baru niat mandi junub, itu nanti airnya statusnya mutaghoyyir, berubah karena busa sampo,” papar Gus Baha di Youtube Santri Gayeng, dan KOMPAS TV sudah dapat izin mengutipnya.

Sehingga semua air yang kena busa tersebut, lanjut Gus Baha, statusnya tidak menyucikan lagi. Air tersebut tetap suci, tetapi tidak menyucikan lagi akibat tercampur busa. Hingga, proses mandi jadi tidak sah. 

Baca Juga: Kisah Sahabat Hanzhalah: Lupa Mandi Junub, Wafatnya Dimandikan Malaikat

Lantas, apa solusinya?



Sumber : Kompas TV/Youtube Santri Gayeng


BERITA LAINNYA



Close Ads x