Kompas TV religi beranda islami

Niat Puasa Rajab Sekaligus Qadha Ramadan dan Senin Kamis, Ini Ketentuannya

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 07:57 WIB
niat-puasa-rajab-sekaligus-qadha-ramadan-dan-senin-kamis-ini-ketentuannya
Ilustrasi. Niat puasa Rajab sekaligus Qadha Ramadan (Sumber: iStockphoto/ferllstockphoto)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat Islam Indonesia, sebentar lagi akan memasuki bulan Rajab, bulan ketujuh penanggalan hijriah.

Dalam ajaran umat Islam, bulan Rajab termasuk salah satu dari empat bulan haram (Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram, Rajab) yakni bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, di bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah, salah satunya adalah puasa.

Berdasarkan kalender Kementerian Agama, tanggal 1 Rajab 1445 Hijriah diperkirakan akan jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Puasa Rajab hukumnya sunah yakni apabila dilakukan mendapat pahala, namun apabila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa.

Tidak ada ketentuan pasti jumlah puasa Rajab, yakni bisa dilakukan selama satu hari, tujuh hari, delapan hari, sepuluh hari, dengan catatan, makruh jika dilakukan selama 1 bulan penuh.

Baca Juga: Puasa Rajab 2024 Berapa Hari Lagi? Ini Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Puasa Rajab juga bisa dilaksanakan dengan satu hari berpuasa dan satu hari tidak. Dari Imam Fakhruddin al-Razi dalam Mafâtîh al-Ghaib (juz 16, halaman: 54), Nabi bersabda:

"Barang siapa yang berpuasa 1 hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari."

Puasa Rajab sebaiknya dilakukan dengan bertepatan pada hari-hari utama seperti Senin, Kamis, dan Jumat atau pada ayyamul bidh (tanggal 13, 14, dan 15).


 

Lantas, apakah puasa Rajab bisa digabung dengan puasa qadha Ramadan?

Melansir laman Nahdlatul Ulama Jawa Timur, Kamis (11/1/2024), puasa Rajab sebagaimana puasa sunah lainnya sah dilakukan dengan niat berpuasa secara mutlak, tidak disyaratkan ta’yin (menentukan jenis puasanya).

Misalkan dengan niat: “Saya niat berpuasa karena Allah”, tidak harus ditambahkan “karena melakukan kesunahan puasa Rajab”.

Baca Juga: Hitung Mundur Puasa Ramadan 2024 dan Idulfitri 1445 Hijriah, Berapa Hari Lagi?




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x