Kompas TV religi beranda islami

7 Keutamaan atau Keistimewaan Bulan Rajab, Peristiwa Isra Mikraj hingga Larangan Berperang

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 12:12 WIB
7-keutamaan-atau-keistimewaan-bulan-rajab-peristiwa-isra-mikraj-hingga-larangan-berperang
Ilustrasi. Keutamaan bulan Rajab (Sumber: Unsplash)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Rajab adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam karena banyak peristiwa dan keutamaan di dalamnya. 

Oleh karena itu, umat Islam sangat menyambut bulan Rajab 2024 dengan mengamalkan perbuatan baik seperti puasa hingga sedekah.

1 Rajab 1445 hijriah jatuh pada Sabtu 13 Januari 2024, sementara malam 1 Rajab, jatuh pada hari ini, Jumat (12/1/2024) malam.

“Rajab” diambil dari kata at-tarjîb yang berarti mengagungkan atau memuliakan, karena masyarakat Arab dulu lebih memuliakannya dibanding bulan lainnya.

Bulan Rajab adalah bulan yang istimewa sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an:

 إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ 

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (Surat At-Taubah ayat 36). 

Baca Juga: Amalan Malam 1 Rajab 2024, Salat Sunah, Doa hingga Memperbanyak Zikir

Bulan haram adalah empat bulan mulia di luar Ramadhan, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Keutamaan Bulan Rajab

1. Bulan Haram

Keutamaan bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. at-Taubah/9:36).

Baca Juga: Niat Puasa Rajab 2024 Mulai Besok, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya

2. Terjadi peristiwa Isra Mikraj

Salah satu peristiwa penting dalam Islam yang terjadi di bulan Rajab yaitu peristiwa Isra Mikraj, saat Nabi Muhammad SAW diangkat oleh Allah SWT ke langit ke-7.

Saat Isra Mikraj ini jugalah, titah untuk melaksanakan salat lima waktu dikeluarkan. Isra Miraj menjadi salah satu keutamaan bulan Rajab yang dimuliakan.

3. Dekat dengan Ramadan

Bulan Rajab juga jadi pertanda datangnya bulan Ramadan atau yang dikenal dengan bulan puasa.




Sumber : Kompas TV, NU Online, kemenag.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x