Kompas TV religi beranda islami

Menag: Evaluasi terhadap Layanan Haji Mesti Berbasis Data

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 10:15 WIB
menag-evaluasi-terhadap-layanan-haji-mesti-berbasis-data
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat berada di Mina, Arab Saudi, Selasa (18/6/2024), menyatakan pemerintah akan mengevaluasi segala hal soal haji. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

MINA, KOMPAS.TV – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan evaluasi terhadap layanan haji harus berbasis data.

Ia mengatakan pemerintah pasti akan mengevaluasi segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan ibadah haji.

Bahkan, kata Yaqut, pemerintah akan tetap melakukan evaluasi meski jemaah sudah merasa puas terhadap layanan yang mereka terima.

“Semua pasti kita evaluasi, tidak ada yang tidak kita evaluasi demi perbaikan pelayanan bagi jemaah haji. Itu poinnya,” kata Yaqut di Mina, Arab Saudi, Selasa (18/6/2024), dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV.

“Jadi, semua yang dilakukan oleh pemerintah, meskipun jemaah mungkin ya, merasakan layanan yang sangat memuaskan, tapi bagi kami tetap harus ada evaluasi,” lanjutnya menegaskan.

Tetapi, ia menambahkan, evaluasi harus berdasarkan data.

Baca Juga: Masalah pada Penyelenggaraan Haji Terulang Setiap Tahun, Timwas DPR Segera Bentuk Pansus

“Evaluasi itu harus berbasis pada data. Jadi termasuk tadi misalnya, ada AC mati. Datanya di mana AC mati, kita akan segera evaluasi.”

Atau misalnya terkait jemaah yang tidak kebagian tenda, kata dia, petugas haji langsung memintakan tenda kepada masyarik.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x