A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: libraries/Article_lib.php

Line Number: 225

Backtrace:

File: /var/www/html/frontend-v2/application/libraries/Article_lib.php
Line: 225
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Read.php
Line: 108
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontend-v2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Pentingnya Tidur Yang Berkualitas dan Beristirahat Disebutkan Allah Dalam Firman-Nya

Kompas TV religi beranda islami

Pentingnya Tidur Yang Berkualitas dan Beristirahat Disebutkan Allah Dalam Firman-Nya

Kompas.tv - 1 Mei 2020, 07:08 WIB
pentingnya-tidur-yang-berkualitas-dan-beristirahat-disebutkan-allah-dalam-firman-nya
QS An-Naba ayat 9 (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Herwanto

Manusia dengan beragam karakter dan kebiasaan yang mejadi cerminan diri pada kesehariannya. Salah satunya adalah karater yang rileks. Kebiasan atau karakter orang yang rileks pun banyak derivasinya. Di antaranya tentang tidur, obesitas, dan bahkan zikir.  Tema-tema tersebut lebih mengacu pada kebiasan masyarakat terutama manusia urban yang selalu tegang, depresi dan stres.

Kecenderungan pola hidup yang sembarangan membuat manusia urban kehilangan keseimbangan. Ternyata akar dari semua itu adalah kehidupan yang tidak islami, yaitu pola hidup yang jauh dari tuntunan nabi.

Pola hidup yang baik dan nyaman adalah sebuah kebutuhan bagi manusia yang hidup di bumi. Khususnya manusia yang hidup sebagai masyarakat urban yang tinggal di kota besar. Cepatnya laju perkembangan kota besar membuat masyarakat urban dituntut untuk berpacu untuk kehidupannya.

Kebiasaan tidur Rasulullah (Sumber: Kompas TV)

Salah satunya adalah pola tidur. Tidur adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan. Saat tidur keadaan fisik kita akan menjadi tenang, rileks dan fresh.

Selain dapat mengontrol emosi dengan tidur yang berkualitas kita dapat bersemangat dan fokus dalam aktivitas kita sehari-hari. Selain gaya hidup, tingginya tuntutan pekerjaan dan aktifitas sehari-hari menjadikan pola tidur kita terganggu. Aktifitas tidur sangat personal karena berbeda pada tidur individu. Tidur seseorang dipengaruhi oleh usia, pekerjaan dan temperamen.

Sebagian besar orang mungkin mempunyai persepsi yang sebaliknya dari fakta bahwa orang yang beraktifitas dengan otak, memerlukan tidur yang lebih banyak daripada orang yang beraktifitas dengan fisik. Pola tidur yang tidak sehat dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah dan berkurangnya kemampuan berpikir. Tidak sedikit dari kita yang mengidap penyakit tidur yang dikenal dengan istilah insomnia.

Animasi ilustrasi tidur (Sumber: Kompas TV)

Saat insomnia melanda kita merasa lelah, tapi tidak ada perasaan mengantuk sama sekali. Sekalipun kita memejamkan mata untuk bisa tidur, berkhayal menghitung domba yang melompat, membaca buku-buku tebal, atau menonton tv sampai minum pil tidur hingga lebih dari 2 butir.

Rasa kantuk akan jadi sebuah anugerah bila dilanda insomnia.  Namun ketika kantuk datang melanda, pagi hari sudah tiba. Ini bisa membuat jam biologis berantakan dan orang bisa lalai dengan tugas dan pekerjaannya. Kualitas hidup seseorang jelas dipengaruhi pola tidur yang baik dan sehat.

Tidur adalah tanda kekuasaan Allah. Tidur merupakan aktivitas yang bertujuan  mengembalikan vitalitas tubuh, mengistirahatkan tubuh dan mengembalikan sel-sel yang rusak. Inilah salah satu hikmah penciptaan siang dam malam.

Allah ciptakan siang untuk manusia untuk bertebaran di muka bumi guna berbuat dan menebar kebaikan. Dan Allah ciptakan malam untuk berkontemplasi dan rehat sejenak.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x