Kompas TV saintek teknologi

5 Langkah Menjaga Battery Health iPhone, iPad, dan iPod Touch

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 07:30 WIB
5-langkah-menjaga-battery-health-iphone-ipad-dan-ipod-touch
Berikut lima langkah untuk menjaga battery health iPhone. Langkah-langkah ini bisa digunakan untuk merawat battery health perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. (Sumber: Wahyunanda Kusuma Pertiwi/KOMPAS.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kekuatan baterai atau battery health adalah salah satu faktor yang penting bagi pengguna produk Apple seperti iPhone, iPad, atau iPod Touch. Battery health maksimal akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam memaksimalkan perangkatnya.

Battery health sendiri umum terkikis seiring usia perangkat. Namun, terdapat beberapa langkah untuk menjaga dan merawat battery health iPhone.

Di lain sisi, battery health kerap menjadi salah satu faktor pertimbangan ketika seseorang ingin membeli perangkat Apple bekas. Jika perangkat Anda memiliki battery health buruk, harganya kemungkinan akan semakin murah dan sulit menjualnya.

Baca Juga: Apple Luncurkan Kacamata AR Vision Pro Seharga Rp52 Juta, Apa Kemampuannya?

Melansir laman resmi Apple, berikut lima langkah untuk menjaga battery health iPhone. Langkah-langkah ini bisa digunakan untuk merawat battery health perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch.

5 langkah merawat battery health iPhone, iPad, iPod Touch

Perbarui IOS secara berkala

Selalu perbarui sistem operasi Anda secara berkala untuk merawat battery health. Pembaruan bisa dilakukan melalui menu pengaturan > umum > pembaruan perangkat lunak.

Optimalkan pengaturan

Dua cara mudah untuk mempertahankan battery health adalah selalu sesuaikan kecerahan layar dan gunakan wi-fi jika tersedia.

Kecerahan layar dapat diatur melalui menu pengaturan. Sedangkan fitur wi-fi disarankan untuk dinyalakan sepanjang waktu karena koneksi wi-fi menggunakan lebih sedikit daya dibanding jaringan seluler.


Aktifkan mode daya rendah

Mode daya rendah yang diperkenalkan sejak IOS 9 mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan performa perangkat, dan meminimalkan animasi sistem. 

Ketika menyalakan mode daya rendah, perangkat Anda akan memberi tahu saat tingkat baterai mencapai 20%, lalu sekali lagi saat 10%, dan memungkinkan Anda mengaktifkan mode daya rendah dengan satu ketukan.

Colok dan nyalakan komputer untuk mengisi daya perangkat

Ketika mengisi daya melalui USB, pastikan perangkat Anda terhubung ke komputer yang menyala dan dicolokkan. Apabila komputer sedang dalam mode tidur atau mati, baterai perangkat justru bisa terkuras.

Lihat informasi penggunaan baterai

Perhatikan status aktivitas latar belakang, lokasi/lokasi latar belakang, dan layar home & layar terkunci di menu informasi baterai anda. Untuk melihat informasi penggunaan, buka  menu pengaturan > baterai.

Melalui menu pengaturan tersebut, Anda disarankan menonaktifkan fitur-fitur yang mengizinkan aplikasi dimuat ulang di latar belakang. Disarankan juga untuk meninaktifkan layanan lokasi.

Anda juga bisa menonaktifkan notifikasi push untuk menghemat baterai. Caranya adalah akses pengaturan > pemberitahuan dan matikan notifikasi push yang bisa menghidupkan layar sendiri.

Daya baterai pun dipengaruhi oleh jangkauan seluler di wilayah susah sinyal. Apabila Anda memasuki daerah yang memiliki jaringan seluler buruk, nyalakan mode pesawat agar ponsel Anda tidak kelelahan mencari sinyal.

Baca Juga: Buntut 191.965 Ponsel Mayoritas iPhone Terblokir, Apa Itu IMEI dan Cara Cek Resmi atau Tidaknya?

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x