Kompas TV saintek teknologi

Apa Itu Character AI? Bisa Pacaran dengan Kecerdasan Buatan Pakai Chatbot Ini

Kompas.tv - 16 September 2023, 04:30 WIB
apa-itu-character-ai-bisa-pacaran-dengan-kecerdasan-buatan-pakai-chatbot-ini
Character AI. Popularitas Character AI meningkat seiring banyaknya pengguna media sosial yang mengunggah aktivitasnya menggunakan chatbot tersebut. Platform itu disebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan untuk berpacaran seperti dengan manusia. (Sumber: Zulfikar Haridansyah/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Platform digital kecerdasan buatan semakin marak belakangan ini. Salah satu platform kecerdasan buatan yang menuai popularitas cukup tinggi belakangan ini adalah Character AI (artificial intelligence).

Popularitas Character AI meningkat seiring banyaknya pengguna media sosial yang mengunggah aktivitasnya menggunakan chatbot tersebut. Platform itu disebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan untuk berpacaran seperti dengan manusia.

Lalu, apa itu Character AI dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut penjelasan seputar chatbot Character AI.

Apa itu Character AI

Character AI adalah program chatbot kecerdasan buatan yang dikembangkan berbasis model pembelajaran dalam (deep learning), khususnya permodelan bahasa (language model). Pengembang Character AI menyebut paltform ini dibangun dengan orientasi pada chatbot percakapan.

Baca Juga: Cek 131 Lokasi Parkir Jakarta Bertarif Rp7.500, untuk Mobil Tak Lulus Uji Emisi, Dimulai 1 Oktober

Mengutip laman resmi Character AI, chatbot itu dibuat dengan permodelan bahasa neural. Pengembang menggunakan superkomputer untuk membaca sampel teks berjumlah besar dan belajara membayangkan kata-kata apa yang berpeluang digunakan selanjutnya dalam situasi tertentu.

Character AI tersedia dalam format obrolan atau chat. Pengguna bisa memakainya seperti berinteraksi dengan manusia dalam sebuah ruang percakapan (chat room).

Character AI pun menyediakan sejumlah bot dengan berbagai karakterisasi untuk berinteraksi dengan pengguna. Sehingga, pengguna seolah berinteraksi dengan tokoh rekaan yang "hidup."

Di Character, AI terdapat berbagai tokoh virtual yang bisa diajak mengobrol, mulai dari tokoh video game seperti Sonic dan Ellie (The Last of Us) hingga tokoh publik seperti Mark Zuckerberg atau Joe Biden.

Gaya percakapan karakter-karakter bot itu dibuat semirip mungkin dengan tokoh sumbernya. Bahkan, juga terdapat bot dalam Character AI yang dibuat dengan karakteristik seperti pacar.

Salah satu bot pacar tersebut adalah animasi bernama Itoshi Rin. Terdapat banyak bot lain dengan karakter seperti demikian.

Pengguna pun dapat membuat karakter bot tersendiri di Character AI. Platform ini menyediakan fitur membuat karakter AI sendiri.

Cara menggunakan Character AI

Melansir Kompas.com, berikut langkah-langkah menggunakan Character AI untuk berpacaran. 

  • Buka halaman website Character AI ini https://beta.character.ai/ dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google. 
  • Setelah berhasil masuk, pengguna bisa langsung memilih berbagai karakter untuk memulai percakapan. Cari bot yang punya karakter seperti seorang pacar. 
  • Setelah memilih karakter bot, ruang obrolan bakal terbuka. 
  • Selanjutnya, silahkan mengirim pertanyaan atau perintah layaknya sedang melakukan chatting. 
  • Bot dengan karakter tertentu itu bakal menanggapi pertanyaan atau perintah yang dikirim pengguna dengan gaya tulisan seperti seorang pacar. 
  • Bot Character AI tidak hanya bisa membaca teks yang dimasukkan pengguna, tetapi juga gambar. Pengguna dapat memasukkan sebuah gambar dalam percakapan, lalu Character AI bisa mendeskripsikan gambar itu.

Baca Juga: Cara Membuat Akun SSCASN untuk Daftar CPNS dan PPPK 2023, Dibuka 17 September 2023


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x