Kompas TV saintek teknologi

Menkominfo Harap Starlink Bisa Beroperasi di IKN pada Perayaan 17 Agustus

Kompas.tv - 16 April 2024, 19:00 WIB
menkominfo-harap-starlink-bisa-beroperasi-di-ikn-pada-perayaan-17-agustus
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi ketika ditemui di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).  (Sumber: Endrapta Pramudiaz/Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Infromatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berharap, Starlink bisa beroperasi ketika upacara perayaan 17 Agustus di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Budi Arie mengatakan, Starlink bakal melakukan uji coba lebih di IKN pada Mei mendatang. Jika berlangsung baik, ia menyebut Starlink sudah bisa langsung beroperasi di IKN Nusantara saat perayaan 17 Agustus nanti.

"Harusnya ya (bisa beroperasi saat Agustus nanti). Kalau uji cobanya berlangsung baik, terus uji layak operasinya kita keluarkan, dan memenuhi semua peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia, kita akan izinkan Starlink beroperasi," kata Budi Arie di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024), dikutip dari Tribunnews.com.

Budi menambahkan, Starlink harus memenuhi semua persyaratan tersebut agar terciptanya level of playing field yang sama dan bisa beroperasi di Indonesia.

"Starlink itu melakukan ujicoba di IKN. Nanti kita tunggu semua. Semua pokoknya, level of playing field-nya sama," lanjut Budi.

"Jadi, kami fair, kami memberi kesempatan pada mereka untuk ikut, tapi harus memenuhi semua regulasi yang ada dan berlaku di Indonesia," ujarnya.

Terkait nilai investasi yang dikucurkan SpaceX agar bisa beroperasi di IKN Nusantara, Budi masih enggan untuk membeberkan detailnya.

Seperti yang diketahui, Starlink telah mengajukan perizinan operasional Space X di Indonesia dan akan melakukan uji coba layanan di ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Space X telah mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca Juga: Kominfo: Starlink Milik Elon Musk Belum Urus Izin Penyelenggara Internet Satelit, Baru Izin Labuh



Sumber : Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x