Kompas TV saintek teknologi

Ada Celah Keamanan Serius di Wi-Fi, Pengguna Windows 10-11 Disarankan Update

Kompas.tv - 21 Juni 2024, 08:46 WIB
ada-celah-keamanan-serius-di-wi-fi-pengguna-windows-10-11-disarankan-update
Ilustrasi Windows update. (Sumber: Windowsreport.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Microsoft telah mengeluarkan pembaruan keamanan terbaru untuk Windows 10 dan Windows 11 pada Selasa (11/6/2024). Pengguna sistem operasi ini diharapkan untuk melakukan pembaruan segera.

Pembaruan ini sangat penting karena menyasar kerentanan kritis dengan kode CVE-2024-30078, yang secara khusus dapat dieksploitasi ketika pengguna terhubung ke jaringan Wi-Fi publik.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Jumat (21/6) celah keamanan ini memungkinkan hacker untuk mengirimkan paket data berbahaya ke perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut, seperti yang sering terjadi di tempat-tempat umum seperti bandara, kafe, hotel, dan kantor.

Dengan memanfaatkan celah ini, hacker bisa melakukan serangan jarak jauh (Remote Code Execution/RCE) tanpa memerlukan interaksi dari pengguna, sehingga membahayakan keamanan data pengguna.

Pengguna yang bekerja dari rumah (WFH) memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena jaringan Wi-Fi pribadi mereka umumnya dilindungi dengan kata sandi yang kuat, membuatnya sulit diakses oleh pihak asing.

Baca Juga: Suguhkan Fitur AI hingga Kustomisasi Tema, iOS 18 Bisa untuk iPhone Apa Saja?

Meskipun demikian, Microsoft menegaskan bahwa kemungkinan eksploitasi terhadap kerentanan ini relatif rendah setelah pembaruan diterapkan pada tanggal yang sama.

Selain memperbaiki kerentanan ini, Microsoft juga melakukan perbaikan pada 48 kerentanan lainnya, termasuk aplikasi populer seperti Microsoft Office Word dan Microsoft Office Outlook.

Bagi pengguna yang belum melakukan pembaruan, disarankan untuk segera memperbarui sistem operasi mereka melalui menu "Control Panel" atau "Settings" di menu "Start".

Dengan memastikan bahwa sistem operasi dan aplikasi terbaru terinstal, pengguna dapat meminimalkan risiko keamanan dan melindungi data pribadi mereka dari ancaman peretasan yang terus berkembang di lingkungan digital saat ini.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Mengaktifkan Fitur Cek Typo Otomatis di Microsoft Word



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x