Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Wayang Golek Versi Tokoh Nasional Indonesia

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 13:57 WIB
Penulis : Aryo bimo

PURWAKARTA, KOMPAS.TV - Perajin wayang golek asal kampung Cikuda, desa Sukamaju, kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat, ini tetap bersemangat meneruskan kerajinan tradisi budaya leluhur.

Dari tangan terampilnya itu perajin wayang golek bernama Ujang Yakub ini bahkan sukses menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi. 

Selain membuat tokoh pewayangan pada umumnya, Ujang juga melakukan inovasi dengan membuat wayang dengan sentuhan berbeda.

Ujang menghadirkan wayang golek karakter tokoh-tokoh terkenal. Tak hanya pejabat lokal Purwakarta, tetapi ia juga membuat wayang karakter Presiden Indonesia dari yang pertama hingga yang sekarang.

Untuk membuat satu karakter tokoh dibutuhkan waktu sekitar dua minggu, menggunakan bahan utama kayu pule atau kayu albasiah.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, Ujang mengaku mudah untuk mendapatkan pesanan yang biasa datang dari Bali maupun luar negeri seperti Kanada dan Jepang.

Sayangnya, sejak masa pandemi Covid-19, pesanan pembuatan wayang golek maupun karakter menurun tajam.

Ujang menjual satu wayang karakter tokoh dengan harga Rp 3.000.000,-. Sementara wayang golek dengan tokoh pewayangan yang biasa, dibanderol dengan harga Rp 300.000,- hingga Rp 700.000,-

Ujang berharap pandemi Covid-19 bisa cepat berlalu, agar ia bisa kembali memaksimalkan pemasaran wayang karakter maupun wayang golek buatannya.
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x