Kompas TV video vod

Rusak Lingkungan! Petambang Emas Ilegal di Gunung Botak Ditertibkan TNI-Polri

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 14:10 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Aparat gabungan TNI-Polri dibantu Satpol PP menertibkan petambang emas ilegal Gunung Botak, Pulau Buru, Maluku.

Aktivitas petambang ilegal yang dilakukan sejak 2015 lalu ini sangat membahayakan lingkungan dan kehidupan karena menggunakan bahan kimia.

Baca Juga: Viral Video Ibu-ibu Diduga Mencuri Gelang di Toko Emas Lumajang

Petugas gabungan dari Polres Pulau Buru dan sejumlah prajurit TNI dan Satpol PP kembali menertibkan kegiatan petambang emas ilegal di Gunung Botak Pulau Buru.

Aktivitas para petambang ilegal mengancam lingkungan dan kehidupan manusia di sekitar Pulau Buru karena menggunkana bahan kimia.

Satu per satu kamp petambang di bakar oleh petugas yang langsung turun ke lokasi petambang mulai dari hilir hinga ke puncak gunung.

Sebelumnya, pada November tahun 2015 lalu, petugas gabungan bersama Pemerintah Daerah Maluku berhasil menghentikan seluruh aktivitas petabang namun mereka kembali lagi melakukan aktivitas penambangan.

Kondisi Gunung Botak sampai saat ini memang mengalami kerusakan yang cukup besar akibat eksploitasi secara massal oleh para petambang mengggunakan bahan kimia.

Jika terus dibiarkan, lingkungan sekitar akan makin terancam.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x