Kompas TV video vod

WHO Temukan Subvarian Omicron BA.2, Lebih Cepat Menular dari BA.1 yang Sekarang Mewabah!

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 12:58 WIB
Penulis : Edwin Zhan

KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta masyarakat untuk tidak menganggap enteng gejala Omicron, termasuk bagi mereka yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Terlebih, saat ini WHO juga tengah memantau penyebaran mutasi subvarian Omicron, yakni BA.2, yang diduga jauh lebih mudah menular dari varian awal Omicron, yakni B.A 1.

Omicron lebih mudah menular dari Delta, termasuk seluruh mutasi turunannya. Tapi di antara subvariannya, Omicron BA.2 lebih mudah menular dari BA.1.

WHO belum melihat perbedaan dalam hal keparahan antara BA.2 dan BA.1.

Namun yang terpenting, Omicron tidak "ringan".

Memang tidak lebih parah dari Delta, tapi kami masih melihat angka rawat inap RS dan jumlah kematian yang signifikan pada kasus Omicron; ini bukan pilek atau demam biasa, bukan masuk angin, bukan influenza, saat ini kita perlu sangat berhati-hati.

Pandemi belum usai, meski sebagian negara di Eropa telah mencabut seluruh aturan pembatasan, pemerintah menegaskan tak ingin ikut latah dan tetap melakukan pelonggaran dengan prinsip kehati-hatian dengan risiko yang terukur.

Semua orang tetap harus disiplin protokol kesehatan (prokes) dan segera mendapat suntikan vaksinasi dosis lengkap, agar ancaman penularan dan kematian dari wabah seribu wajah ini bisa terus ditekan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x