Kompas TV video vod

JPO Pinisi: Ketika Teknologi Mutakhir Melebur dengan Aksesibilitas, Dedikasi bagi Warga DKI Jakarta

Kompas.tv - 18 Maret 2022, 16:29 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) berkonsep kapal bersistem Pinisi di Karet, Sudirman, Jakarta Selatan.

Pada acara peresmiannya, Kamis (10/3), JPO ini diberi nama JPO Pinisi.

Tak perlu waktu lama, warga DKI Jakarta langsung menyerbu JPO ini untuk berfoto bersama, menyeberang, atau bahkan sekadar melihat-lihat.

JPO Pinisi dilengkapi dengan beragam fasilitas yang dibuat untuk memudahkan aksesibilitas.

Baik orang maupun pesepeda dapat menyeberang di jembatan ini.

Lift berkapasitas besar pada ujung kiri dan kanan jembatan ini juga memungkinkan para pengguna kursi roda untuk melintas.

Tak hanya itu, di balik bentuk fisiknya yang unik karena terinspirasi oleh Kapal bersistem Pinisi, JPO ini menyimpan filosofi dan cerita di balik pembuatannya.

Ada dua filosofi yang ingin dituangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Yang pertama, bentuk yang menyerupai kapal bersistem Pinisi. Bentuk yang kokoh dan indah ini diharapkan dapat menjadi daya tarik, sehingga JPO Pinisi dapat menjadi titik temu warga DKI Jakarta.

Yang kedua, adalah Galeri Apresiasi yang ditujukan bagi tenaga medis di bawah Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Pemprov ingin menghargai dan menghormati para tenaga kesehatan (nakes) yang telah berkorban di masa pandemi.

Penasaran apa saja keunikan, fasilitas, dan cerita di balik JPO Pinisi yang lain? Tonton video blog (Vlog) yang dibawakan oleh Jurnalis Digital Kompas TV, Edwin Zhan.

__________                     

Video Editor: Edwin Zhan, Adrianus Ardya, & Novaltri

__________

Music: Strobe & Golden

Musician: Jeff Kaale




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x