Kompas TV video vod

Pernyataan Lengkap Megawati Usai Terima Gelar Profesor Kehormatan dari SIA Korea Selatan

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 10:54 WIB
Penulis : Ikbal Maulana

SEOUL, KOMPAS.TV - Presiden ke-5 Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of The Arts, Korea Selatan, Rabu (11/5).

Megawati merasa besyukur atas kehormatan yang diberikan kepadanya.

Menurutnya, ini adalah suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah karena saya mendapatkan kehormatan bisa menghadiri inagurasi dari Presiden Yeon, Presiden Korea Selatan ke-20 yang tentu saja bagi saya merupakan sebuah kehormatan bagi bangsa Indonesia yang telah lama menjalin persahabatan antara Indonesia dan Korsel” papar Megawati.

Baca Juga: Megawati Menangis dan Terharu Usai Terima Gelar Profesor Kehormatan dari SIA Korsel

Pemerintah Korea Selatan meminta Megawati jadi utusan khusus untuk menciptakan perdamaian abadi 2 negara, antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Megawati dinilai berjasa memperjuangkan perdamaian di semenanjung Korea.

“Saya sangat mengerti bahwa undangan itu sebenernya saya dikenal di sini dan bertemu dengan 4 orang presiden dan dengan ini yang ke 5 dan selalu 5 presiden itu menginginkan saya sebagai special envoy untuk ke Korut.” Imbuhnya.

Hubungan Megawati dengan Korea Utara juga terbilang baik sejak terjalinnya persahabatan ayah Megawati yang juga Presiden ke-1 Republik Indonesia, Soekarno dengan mendiang Presiden Korea Utara, Kim Il Sung.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x