Kompas TV video vod

Kue Moaci Gemini Asal Semarang, Kudapan Manis dan Kenyal Khas Imlek

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 17:45 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

SEMARANG, KOMPAS.TV - Selain kue keranjang, Kue Moci atau Moaci juga menjadi kudapan atau bingkisan khas perayaan Imlek di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kue legendaris yang bertekstur kenyal dan manis ini, disajikan dengan baluran tepung, dan juga taburan wijen yang melimpah.

Kue Moaci Gemini populer di Kota Semarang, Jawa Tengah sejak tahun 1985.

Kue Moaci atau Moci adalah kuliner peranakan Tionghoa Semarang yang terbuat dari adonan tepung ketan, berisi kacang cincang. Teksturnya kenyal dan rasanya manis, serta kerpa digunakan sebagai kudapan atau bingkisan saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Kepopuleran Kue Moaci Gemini masih bertahan hingga generasi ketiga.

Untuk mempertahankan cita rasa otentik, pengelola Moaci Gemini menggunakan bahan baku berkualitas baik. Cara pembuatannya juga masih tradisional, dan tidak berubah sejak puluhan tahun lalu.

Awalnya kue legendaris Moaci Gemini hanya menyajikan Moaci yang berbalur tepung, dan wijen. Namun kini Moaci Gemini berinovasi dan memiliki sejumlah varian rasa, seperti durian, cokelat, stroberi, teh hijau, kacang merah, dan wijen hitam.

Satu kotak kue moaci harganya, mulai dari Rp 25.000,- hingga Rp 60.000,-, tergantung isi dan varian rasa. Karena tidak menggunakan bahan pengawet, Kue Moaci hanya bertahan selama tujuh hari di suhu ruangan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x