Kompas TV video vod

Mahkamah Agung Gelar Seleksi Terbuka Calon Hakim Konstitusi - MA NEWS

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 11:30 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka mengisi kekosongan posisi Hakim Konstitusi di Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung mengadakan seleksi terbuka calon Hakim Konstitusi dari unsur Mahkamah Agung, tahun anggaran 2023.

Seleksi hakim diikuti oleh Hakim Tinggi Disiplin, M Manao, Panitera Mahkamah Agung, Ridwan Mansyur, Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Binsar Gultom, Hakim Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, Eddy Parulian Siregar, Ketua Pengadilan Tinggi Nusa Tenggara Barat, Achmad Setyo Pudjoharsoyo.

Proses seleksi calon Hakim Konstitusi dibuka langsung oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Sunarto, yang juga merupakan Ketua Panitia Seleksi Calon Hakim Agung Konstitusi dari Mahkamah Agung.

Baca Juga: Pelantikan Hakim Agung Dwiarso Budi Jadi Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung - MA NEWS

Sunarto menjelaskan proses seleksi hakim konstitusi ini dilakukan oleh Mahkamah Agung melalui proses yang transparan dan akuntabel.

Selain itu, para kandidat calon Hakim Konstitusi dari unsur Mahkamah Agung, merupakan kandidat terbaik, yang telah lulus seleksi rekam jejak dan lolos uji kualitas.

Proses seleksi Hakim Konstitusi berlangsung pada 24 hingga 25 Juli 2023, di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Di hari pertama seleksi, para peserta diwajibkan membuat makalah hukum yang berlangsung selama empat jam, dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x